• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Saran DPR RI Untuk Anggaran Penanggulangan Bencana

3 January
17:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyarankan pemerintah untuk mengikuti program asuransi bencana yang ada dalam lingkup Internasional.

Mengingat seringnya tanah air diguncang cobaan dan musibah, baiknya dilakukan terlebih melihat biaya yang ada untuk penanganan bisa lebih murah.

"Seharusnya ada penanganan bencana sudah lebih strategis, di Internasional ada namanya asuransi bencana, jadi asuransi bencana lebih murah sebetulnya, di Indonesia sudah pas setiap tahun banyak bencana, kenapa tidak diasuransikan?," ucap Wakil Ketua Komisi 8 DPR RI, Iskan Qulba Lubis, dalam Dialog Pro3 RRI, Kamis (3/1/2019).

Ia melihat dengan asuransi yang seandainya bisa diberikan sebanyak Ro500 miliar maka Indonesia bisa dapat Rp3,5 triliun untuk penanganan bencana nanti. Baginya itu sudah cukup untuk mengatasi kerusakan yang diakibatkan bencana di daerah yang tertimpa.

"Kita asuransikan umpamanya Rp500 miliar untuk asuransi bencana, kita bisa dapat 7 kali lipat, Rp3,5 triliun, nah Rp3,5 triliun kan sudah cukup membiayai semua bencana di tiga tempat itu," jelas politisi Partai Keadilan Sejahtera itu.

"Ini cara berpikir pemerintah ini tidak mengenal yang namanya mitigasi," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00