• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Komisi VIII DPR RI Sesalkan Pengurangan Anggaran BNPB

3 January
17:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Iskan Qulba Lubis menyesalkan keputusan pemerintah menurunkan anggaran untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB).

Ia juga melihat kondisi dewasa ini sangat berbeda dengan beberapa tahun lalu Indonesia dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Badan Nasional Penanggulangan Bencana itu punya anggaran, anggaran dia itu di zaman Pak SBY itu lebih Rp1 Triliun yang di zaman sekarang itu hanya sekitar Rp800 (miliar) gitu. Padahal kan ekonomi kita berkembang, artinya resiko bertambah, lalu istilahnya kalau orang punya mobil, meningkat mobilnya, pasti meningkat juga asuransinya," jelasnya dalam dialog Pro3 RRI, Kamis (3/1/2019),

Ia mengatakan ada baiknya untuk dipastikan alasan yang patut mengenai berkurangnya anggaran tersebut. Mengingat Indonesia kini yang berulang kali mengalami bencana, terlebih selama tahun 2018.

"Jadi anggaran BNPB itu turun terus, saya gatau itu, itu kalau protes, protes kepada Menteri Keuangan itu, karena dia yang menurunkan itu," ucapnya.

"Dana on call di zaman Pak SBY, itu dana on call itu hampir Rp7 triliun itu, kalau dikatakan Sri Mulyani ada dana siap pakai itu Rp1 triliun, itu kecil banget, itu biaya untuk BNPB saja sudah kurang itu," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00