• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Pemkab Situbondo Setengah Hati Kembangkan Destinasi Wisata

3 January
12:06 2019
0 Votes (0)

KBRN, Situbondo: Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, masih setengah hati untuk mengembangkan potensi wisata di wilayahnya. Terbukti, beberapa destinasi wisata yang ramai dikunjungi masyarakat, pengelolaannya masih seadanya, tak terkecuali Air Mancur warna-warni di Kampung Kerapu justru dipadamkan dengan alasan biayanya mahal.

"Selama bulan Januari ini, air mancur Kampung Kerapu memang sengaja kita padamkan, karena selain cuaca ekstrim, biayanya mahal," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Eko Prayudi saat dikonfirmasi RRI, Kamis (3/1/2019).

Eko mengaku, pihaknya membutuhkan 105 ribu watt untuk menghidupkan Air Mancur warna-warni yang indah dinikmati pada malam hari tersebut. Sementara, anggaran yang ada sangat terbatas, mengingat tidak ada tiket masuk di Kampung Kerapu.

"Untuk membayar biaya listriknya saja kita kelimpungan," ujarnya.

Untuk mengatasi keterbatasan anggaran tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat untuk membuat peraturan desa (perdes) terkait penarikan retribusi di Kampung Kerapu.

"Kita sedang mendiskusikan untuk kerjasama dengan desa terkait, nanti ada bagi hasilnya," ujarnya.

Sementara itu, pengunjung Kampung Kerapu dari Kabupaten Jember, Anton, mengeluhkan karena air mancur warna-warni dipadamkan pada malam hari. 

"Jauh-jauh dari Jember, ternyata air mancurnya mati. Padahal, saya kesini pengen berswa foto di air mancurnya," katanya.

Anton yang datang bersama keluarganya pada Rabu, 2 Januari 2019 berharap air mancur warna-warni tidak dipadamkan, sesuai informasi yang diperolehnya dari berbagai media sosial terkait Kampung Kerapu.

Pantauan RRI, Kampung Kerapu yang berada di Desa Klatakan Kecamatan Kendit merupakan salah satu destinasi wisata baru yang dikembangkan Pemkab Situbondo dalam rangka pencanangan Tahun Kunjungan Wisata tahun ini. 

Selain Kampung Kerapu, ada beberapa destinasi wisata yang tengah dikembangkan, antara lain, Kampung Blekok di Desa Klatakan Kecamatan Kendit, Wisata Pantai Tampora di Kecamatan Banyuglugur, Wisata Pantai Dubibir di Kecamatan Suboh, dan lainnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00