• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Luar Negeri

Penobatan Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Akan Digelar 4 Mei

2 January
13:50 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Raja Thailand Maha Vajiralongkorn akan diangkat menjadi raja secara resmi dalam upacara penobatan pada 4-6 Mei.

Raja Maha Vajiralongkorn yang berusia 66 tahun telah memimpin kerajaan setelah ayahnya mangkat pada 2016 lalu, setelah 70 tahun menjadi raja, seperti dilansir dari laman Reuters, Rabu (2/1/2019).

"Yang Mulia akan dinobatkan dalam upacara kerajaan untuk kejayaan bangsa dan kerajaan, yang bisa disaksikan oleh rakyat," dalam keterangan tertulis istana.

Selama tiga hari upacara penobatan, penyematan mahkota secara resmi dilangsukan pada 4 Mei dan perayaan akan digelar pada 5 Mei. Pada 6 Mei, raja akan bertemu dengan masyarakat dan delegasi asing.

Raja Bhumibol, sangat dihormati rakyat Thailand selama tujuh puluh tahun berkuasa dan ia sukses menjalin hubungan antara monarki dan militer, serta membantu memfasilitasi transisi kerajaan.

Setelah ayahnya wafat, Vajiralongkorn mengadakan reformasi besar-besaran di dalam istana, termasuk urusan keuangan yang sebelumnya ditangani oleh pemerintah.

Thailand menganut sistem monarki konstitusional sejak 1932, namun tidak seperti monarki Eropa, raja Thailand masih dihormati sebagai pelindung spiritual, rakyat dan budaya Thailand.

Negara Gajah Putih,  sendiri akan menggelar pemilu pada 24 Februari dan melihat rentang jadwal, penobatan raja Thailand akan dilakukan sebelum pembentukan pemerintahan baru. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

   

Pemkot Malang Serahkan 416 Sertifikat Tanah PTSL Milik Warga

00:00:00 / 00:00:00