• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Akhir Tahun, Aroma Durian Selimuti Kota Palembang

26 December
11:50 2018
0 Votes (0)

KBRN, Palembang : Mendekati akhir  2018, Kota Palembang mulai dibanjiri para pedagang durian. Sejak pertengahan Desember ini, pedagang durian musiman tersebut sudah mulai terlihat di beberapa jalan di dalam kota Palembang. 

Seperti di sepanjang jalan Demang Lebar Daun, sangat mudah menemukan susunan buah dengan aroma khas tersebut. Selain itu, sentra penjualan buah durian di pasar Kuto juga hampir setiap hari ramai pembeli. Di pasar kuto ini meski tidak sedang musim durian masih banyak pedagang yang menjual durian, tapi lain hal saat musim durian, pedagang durian semakin banyak terlihat terutama mereka yang menjajakan dagangannya di sisi-sisi jalan protokol.

”Kalau di pasar-pasar sudah terlalu ramai, kalau di pinggir jalan selain gak ramai, orang terutama pengendara bisa langsung melihat,” ungkap Heri, pedagang durian di seberang SPBU jalan Demang Lebar Daun Palembang, Rabu (26/12/2018).

Pembeli juga bisa menawar harga buah durian. Bahkan, pembeli bisa mencicipi dulu si buah berduri tersebut. Jika dirasa enak, tawar-menawarlah dengan si penjual.

Harga satu buah durianbervariasi, mulai dari Rp15 ribu sampai Rp50 ribu.

“Kalo di tempat saya, ada empat jenis buah durian dengan harga yang berbeda, tergantung kualitas dan ukurannya,” tambah Heri.

Buah durian yang dijual Heri berasal dari sejumlah wilayah di Sumatera Selatan. Menurutnya, dari sisi rasa dan kualitas, durian asal Sumsel tidak kalah lezat dari durian wilayah lain. Ia pun mengaku berdagang durian pas saat musimnya seperti akhir tahun ini bisa meraup untung lebih.

“Wah kalau ditanya omzet mas, berjualan satu bulan bisa hidup satu tahun,” pungkasnya dibarengi gelak tawa.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00