• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sudut Istana

Ini Harapan Korban Terdampak Tsunami Kepada Pemerintah

24 December
12:17 2018
0 Votes (0)

KBRN, Banten : Presiden Joko Widodo melihat secara langsung korban terdampak tsunami Selat Sunda, Senin (24/12/2018).

Tiba dengan menggunakan Helikopter EC725 Caracal milik TNI AU, Kepala Negara langsung menerima penjelasan peta wilayah terdampak tsunami di halaman kantor kecamatan Labuan,  Kabupaten Pandeglang. 

Kemudian dengan berjalan kaki,  Presiden pun menuju  ke Puskesmas Labuan melihat korban yang mengalami luka -  luka,  baik patah tulang kaki maupun tangan. 

Disana,  Kepala Negarapun sempat berbincang dengan salah seorang korban bernama Purwanto yang mengalami patah tulang kaki kirinya.

Purwanto menceritakan kondisinya saat kejadian. 

"Saat kejadian saya sedang berbincang dengan sepupu saya,  lalu tiba-tiba datang air yang tingginya se tiang listrik," kata Purwanto. 

Mendengar cerita itu,  Presiden pun menyampaikan dukanya dan memastikan pemerintah akan terus membantu proses evakuasi serta penyaluran bantuan akan berjalan baik. 

Kunjunganpun dilanjutkan ke Posko Penanggulangan Bencana Kementerian Sosial di lapangan Futsal Rancateureup,  Labuan. Disana Kepala Negara bertemu dengan ratusan pengungsi terdampak tsunami. 

Rohmah,  salah seorang pengungsi menceritakan kronologis kejadian yang dialaminya. Rohmahpun berharap pemerintah terus memberikan perhatian dan bantuan, khususnya bagi nelayan yang tidak bisa mencari nafkah pasca tsunami ini. 

"Posisi saat kejadian saya lagi ngobrol-ngobrol di rumah kita kemudian lihat gunung Krakatau ngeluarin api,  nggak ada angin,  nggak ada hujan,  nggak ada gempa pokoknya tenang saja suasananya,  cuacanya tenang,  tiba-tiba saya masuk ke rumah untuk buang air kecil  tiba tiba seperti ada suara ombak yang  ngehantam,  lalu saya langsung keluar,  dan ternyata air laut sudah di halaman rumah saya," kata Rohmah. 

Kepala Negara pun melanjutkan perjalanan ke Rumah sakit lapangan batalyon kesehatan I Marinir Cilandak di Labuan. 

Dan di penghujung kunjungannya,  Presiden Jokowi juga melihat secara langsung Hotel Mutiara Carita Pandeglang. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00