• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Presiden Ingatkan Kepala Desa Untuk Berhati-hati Gunakan Dana Desa

14 December
13:29 2018
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan Kepala Desa di Aceh untuk hati - hati mempergunakan dana desa yang nominalnya sangat besar. 

Hal itu disampaikan Kepala Negara  dalam sambutannya saat Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 di Provinsi Aceh di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Jumat (14/12/2018).

Berdasarkan data dari Kementerian Desa,  pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi,  penyaluran dana desa selama kurun waktu 2015-2017,  ditahun pertama sebesar Rp. 20,67 triliun telah dikucurkan. Tahun kedua Rp. 46,98 triliun dana desa telah dikucurkan. Sementara di tahun ketiga dan keempat dana desa yang telah dikucurkan sebanyak Rp. 60 triliun rupiah.

" Tahun depan ditambah 70 triliun,  berarti sampai tahun ini sudah 187 triliun. Kalau ditambah tahun depan berarti 257 triliun," kata Jokowi disambut dengan tepuk tangan meriah dari warga yang datang.

Oleh sebab itu,  Presiden Jokowi mengingatkan  agar penggunaan dana desa ini bisa fokus, bisa digunakan tepat sasaran, sesuai kebutuhan yang ada di desa.

"Silakan mau dipakai untuk bangun infrastruktur jalan di desa, dikampung, silakan, mau dipakai untuk bangun irigasi silakan, mau dipakai untuk bangun embung silakan, dipakai untuk bangun posyandu silakan, tapi pastikan bahwa yang kita bangun itu memiliki manfaat besar bagi rakyat kita yang ada di kampung, jangan sampai bangun sesuatu kemudian tidak bermanfaat," tegas Jokowi.  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00