• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Korban Banjir Bandang Sigi Kesulitan Memperoleh Makanan

13 December
12:28 2018
0 Votes (0)

KBRN, Sigi : Korban banjir bandang di Dusun III Desa Sigi Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah mengalami kesulitan memperoleh bahan makanan. Korban saat ini hanya mengandalkan bantuan dari para relawan.

Seperti diketahui banjir bandang menerjang Desa Kulawi pada Selasa (11/12/2018) sore lalu. Masyarakat saat ini mengungsi dipegunungan yang ada disekitar pemukiman mereka. Tidak ada korban jiwa dari bencana tersebut.

Indra (40) pada Kamis (13/12/2018) menuturkan, banjir tersebut sudah menerjang seluruh bagian rumah warga sehingga tidak ada barang yang bisa diselamatkan. Bahkan sebagian besar rumah warga hanyut terbawa arus banjir. 

Sejak terjadi banjir bandang kata, Indra masyarakat kesulitan mendpat kebutuhan pokok karena akses jalan menuju Desa Salua sempat terganggu. Selain itu masyarakat sat ini hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah dan para relawan.

"Untuk makan kami masih dapat dari relawan, ada ACT juga yang bawakan terpal dan bahan makanan. ini kan relawan gempa lalu yang juga ikut peduli dengan banjir bandang ini," tutur Indra.

Sementara itu, Komando Manajemen Posko Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Kecamatan Gumbasa, Fathul Azim Hidayat menyebutkan, banjir bandang di Salua saat ini menjadi perioritas penyaluran bantuan dari ACT selain korban gempa Sigi. Hadil survei yang dilakukan sekitar 87 rumah yang terdampak banjir bandang itu.

"Kita sudah salurkan terpal, air bersih sama logistik makanan. memang disitu menjadi fokus kita juga disana karena cukup parah kondisinya," jelas Fathul. 

Sementara itu hasil pantauan kondisi terkini di Desa Salua, TNI/Polri masih membantu masyarakat membersikan puing-puing rumah dan kayu yang diterjang banjir. Beberapa relawan juga menyiapkan pengobatan gratis bagi korban banjir. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00