• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Jaksa Menyapa

Kejari Surabaya Musnahkan Narkotika Hasil Perkara Empat Bulan

13 December
11:09 2018
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya, melakukan pemusnahan sejumlah barang bukti narkotika berbagai jenis, seperti sabu, ekstasi, ganja dan pil doble L, dari 400an perkara.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Surabaya, Didik Adyotomo menjelaskan, pemusnahan barang bukti narkotika ini yang sudah inkrah atau memiliki kekuatan hukum tetap.

"Karena memang sudah menjadi tupoksi kita, untuk melaksanakan, sebagai eksekutor, untuk mengeksekusi terhadap barang bukti yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap," jelasnya, Kamis (13/12/2018).

Dijelaskan Didik, pemusnahan barang bukti ini adalah yang ketiga dalam kurun waktu tahun 2018. Diakuinya, pemusnahan sedianya dilaksanakan periodik setiap tiga bulan sekali. 

"Ini sudah yang ketiga kali pemusnahan, ini periode terakhir (tahun 2018, red) sekitar empat bulan terakhir," tambahnya. 

Pemusnahan sendiri dilaksanakan di kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim, dengan meminjam mesin pembakar narkotika atau incenerator milik BNNP. 

"Jadi sengaja kita buat sederhana, yang penting pelaksanaannya bener bener real kita laksanakan pemusnahan," tukasnya. 

Sementara itu, beberapa barang bukti yang dimusnahkan antara lain, sabu seberat 9,3 ons, ganja seberat 4,9 ons, pil double L sebanyak lebih dari 350 juta butir, pil carnophen sebanyak lebih dari 100 ribu butir.

Selain itu, beberapa gram narkotika jenis lain, dan juga 175 buah alat yang digunakan untuk penyalahgunaan narkotika, turut dimusnahkan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00