• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kilas Bola

Salah dan Alisson Antar Liverpool Lolos ke 16 Besar

12 December
05:21 2018
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Sebuah gol fantastis yang dicetak penyerang Liverpool, Mohamed Salah, berhasil mengantarkan timnya mengalahkan Napoli dengan skor 1-0 dan lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Selain gol dari Salah, penampilan gemilang penjaga gawang Liverpool, Alisson, yang menggagalkan peluang emas penyerang Napoli, Arkadiusz Milik, di masa injury time, menjadi momen penting yang memastikan kemenangan dan kelolosan timnya.

Kemenangan yang diraih Liverpool di hadapan pendukungnya sendiri di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Rabu (12/12/2018) pagi WIB, mengantarkan tim besutan Juergen Klopp itu menempati peringkat kedua Grup C Liga Champions, demikian catatan pertandingan laman resmi UEFA, seperti dikutip kantor berita Antara.

Kemenangan tersebut membuat Liverpool mengungguli Napoli di klasemen meskipun sama-sama mengoleksi sembilan poin serta agregat surplus dua gol, namun The Reds unggul dalam hal agresivitas jumlah gol yakni sembilan dibandingkan tujuh.

Liverpool melangkah ke babak 16 besar mendampingi Paris Saint-Germain (11) yang menjadi juara grup usai membantai tuan rumah Red Star Belgrade (4) dengan skor 4-1 dalam lawatan ke Serbia.

Liverpool tampil dominan sejak tendangan mula melawan Napoli, namun umpan silang Andy Robertson yang begitu terarah gagal disambut sempurna oleh Salah yang sentuhan pertamanya membuat bola bergulir mudah diamankan kiper David Ospina.

Sebaliknya, Napoli berusaha mengancam ketika Dries Mertens melepaskan umpan balik yang disambar tendangan kapten tim, Marek Hamsik, kendati bola masih melambung di atas mistar gawang.

Pada menit ke-23, Sadio Mane berhasil menyarangkan bola ke gawang Napoli, namun ia terlanjur berada dalam posisi offside ketika Trent Alexander-Arnold melepaskan umpan sehingga gol dianulir.

Liverpool akhirnya memperoleh keunggulan pada menit ke-34 lewat aksi individual Salah melewati Mario Rui dan Kalidou Koulibaly sebelum melepaskan tembakan mendatar dari sudut sempit yang sukses mengarahkan bola dari kolong selangkangan Ospina ke dalam gawang Napoli.

Alisson sempat melakukan kesalahan umpan yang membuat gawang Liverpool terancam pada menit ke-36, beruntun penyelesaian Fabian Ruiz masih jauh dari sasaran.

Liverpool lebih percaya diri memulai pertandingan, namun peluang yang dimiliki Roberto Firmino masih menyamping dari sasaran pada menit ke-52.

Kendati kemasukan gol Salah, Opsina tampil cukup gemilang untuk menggagalkan percobaan Salah pada menit ke-76 dan Mane semenit berselang.

Liverpool lantas memperoleh sejumlah peluang emas yang terbuang percuma dari Georginio Wijnaldum pada menit ke-86 dan Mane pada menit ke-88, yang akan begitu disesalkan jika Napoli mencetak gol.

Penyesalan itu hampir saja terjadi ketika Milik, yang baru masuk di babak kedua menggantikan Dries Mertens, memperoleh peluang emas di hadapan gawang Liverpool usai lolos dari kawalan Dejan Lovren, namun sepakannya masih bisa dihalau oleh Alisson menggunakan badannya memastikan skor unggul 1-0 Liverpool masih bertahan pada menit 90+2.

Mane lantas memperoleh peluang yang sangat-sangat nyaman ketika ia berhadapan satu lawan satu dengan Ospina di serangan terakhir Liverpool, sayang sepakannya masih menyamping dari sasaran.

Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold (Dejan Lovren), Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson, James Milner (Naby Keita); Mohamed Salah, Roberto Firmino (Naby Keita), Sadio Mane
Pelatih: Juergen Klopp

Napoli (4-4-2): David Ospina; Nikola Maksimovic, Raul Albiol, Kalidou Koulibaly, Mario Rui (Faouzi Ghoulam); Jose Callejon, Allan, Marek Hamsik, Fabian Ruiz (Piotr Zielinski); Lorenzo Insigne, Dries Mertens (Arkadiusz Milik)
Pelatih: Carlo Ancelotti

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00