• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sudut Istana

Wapres JK Sebut Peran Indonesia Penting Perjuangkan HAM Dunia

11 December
16:09 2018
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menghadiri peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia yang ke 70 di Kantor Komnasham Jakarta. Wapres Jusuf Kalla menyatakan Indonesia mempunyai pengalaman dalam memperjuangkan HAM dengan merebut kemerdekaan RI pada tahun 1945, oleh karenanya pengalaman Indonesia dalam memperjuangkan HAM menjadi prinsip dalam Undang Undang Dasar dalam memperjuangkan HAM.

Jusuf Kalla menyebut, Indonesia juga mempunyai peran penting dalam memperjuangkan HAM dunia, seperti kegiatan Konferensi Asia Afrika (KAA) pertama yang diselenggarakan di Bandung pada tahun 1955. Indonesia memperjuangkan kemrdekaan negara negara Afrika pada saat itu yang masih banyak dijajah, meskipun deklarasi HAM PBB telah ada namun penjajahan di atas dunia masih berlangsung.

"Indonesia mempunyai peran penting menjaga HAM, setelah Konferensi Asia Afrika di Indonesia, baru timbul kesadaran negara negara di Afrika melawan penjajahan, semangat KAA, Indonesia punya peran penting bangsa di Afrika mengetahui HAM nya, Indonesia pernah dijajah menjadi pengalaman memperjuangkan HAM," ungkap Wapres Jusuf Kalla di Komnasham, Jakarta, pada Selasa (11/12/2018).

Saat ini kesadaran dunia terhadap HAM sudah lebih baik dengan semangat menjunjung HAM guna memastikan hak dasar manusia terpenuhi. Namun pelanggaran HAM juga masih terjadi di sejumlah negara di Timur Tengah, seperti konflik Palestina dan Israel yang belum usai hingga kini.

"Kesadaran dunia menjaga  HAM, menjaga harkat kemanusiaan, menjaga kebutuhan dasar manusia lahir setelah perang dunia ke 2, PBB mengeluarkan deklarasi HAM yang didasari hukum di Eropa yang tidak relevan masih banyak bangsa dijajah melanggar HAM," kata Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla yang juga merupakan tokoh perdamaian dunia ini juga menjelaskan Indonesia sangat menjunjung HAM dalam berbangsa dan bernegara dengan memasukan 10 Ayat berisi HAM dalam Undang Undang Dasar 1945.

"10 Ayat dalam Undang Undang Dasarberisi tentang HAM, yang mencakup Deklarasi HAM PBB, Ayat 28 A sampai 28 J, 9 Ayat hak, 1 Ayat kewajiban, dari segi konstitusi Indonesia menjaga HAM tersebut," tambahnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00