• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Pemilih Milenial Tentukan Pemenang Pemilu Serentak 2019

11 December
15:39 2018
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Pemilih milenial yang kerap disebut pemilih berusia atau generasi milenial akan menentukan pemenang Pemilu serentak tahun 2019.

Sekitar 86 juta atau 46% dari 185 juta pemilih pada pemilu 2019 adalah pemilih milenial.

Koordinator Tim Peneliti Peneliti Pusat Penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Sarah Nuraini Siregar mengungkapkan pemilih milenial cenderung rasional. Pemilih ini yakin partisipasi mereka dalam pemilu ikut menghasilkan pemimpin terpilih yang berkualitas.

"Karena itu semua kalangan, khususnya pemerintah perlu memperhatikan fenomena generasi ini. Sebab bagaimanapun juga dampak partisipasi mereka akan menjadi modal penting siapapun yang berkepentingan dalam pemilu serentak karena mereka akan datang ke bilik suara dan mengunakan hak pilihnya," kata Sarah ketika memaparkan hasil penelitian Perioritas Nasional : Peluang dan Tantangan Demokrasi Kedepan di Jakata, Selasa (11/12/2018).

Menurut Sarah rasional pemilih milenial turut diimbangi temuan lainnya yakni pilihan politik masyarakat terhadap individu berdasarkan tolak ukur muslim dan non muslim. Hasil analisis menunjukkan kencenderungan tingginya prosentase dukungan masyarakat Muslim terhadap pilihan calon anggota legislatif atau kepala daerah yang juga sesama muslim. Hal ini memperlihatkan bagi masyarakat Indonesia, konsep 'pemimpim' dan wakil rakyat sangat penting berada dalam ruang identitas agama yang sama dengan mereka.

Demikian juga dalam menentukan pilihan, pertimbangan sosiologis seperti afiliasi dengan ormas keagamaan tertentu maupun religiusitas turut berpengaruh. 

Namun dalam derajat tertentu identitas agama belum sepenuhnya dapat mempengaruhi pilihan politik seseorang. Saat masyarakat memberikan pilihan politiknya untuk parpol. Dukungan masyarakat terhadap partai-partai Islam cenderung rendah. Kinerja dan performa parpol turut diperhatikan dan menjadi pertimbangan masyarakat dalam menentukan pilihan parpolnya di ajang pemilu.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00