• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Bawaslu Sibolga Tidak Konsisten Tertibkan APK Caleg

7 December
22:56 2018
0 Votes (0)

KBRN, Sibolga : Pemerhati politik, Rahmat Dwi Brahmana menilai, Bawaslu Sibolga tidak konsisten menertibkan seluruh Alat Peraga Kampanye (APK) caleg yang menyalahi regulasi pemilu.

Padahal sebelumnya, kata Brahmana, bawaslu pernah menyebut selain menyalahi desain, ukuran dan zona, APK tambahan ditertibkan karena belum adanya laporan partai politik kepada KPU.

Namun realitanya, APK caleg dari beberapa partai politik sampai kini masih terpasang di sejumlah tempat, tanpa adanya pengawasan dan penindakan dari bawaslu Sibolga.

“Kalau saya melihat hari ini, bawaslu Sibolga terjebak dengan statement yang dikeluarkan tentang seluruh parpol belum ada laporan APK tambahan ke KPU. Berarti seluruh APK caleg melanggar aturan pemilu dan harus ditertibkan, harusnya bawaslu konsisten,” kata Brahmana, Jumat (07/12/2018).

“Kalau ada APK yang tersisa tidak ditertibkan, berarti telah terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh bawaslu, artinya, bawaslu tidak adil terhadap semua peserta pemilu,” lanjutnya.

Kemudian, mantan ketua panwaslu Sibolga itu meragukan sikap bawaslu Sibolga yang seakan menampilkan sikap tebang pilih terhadap penertiban APK caleg yang menyalahi.

Selain itu, Brahmana juga mengkhawatirkan, kurangnya respon pengawasan dan keberanian menindak APK caleg menyalahi aturan, akan menimbulkan preseden buruk terhadap bawaslu.

“Bawaslu tidak boleh tebang pilih, bawaslu Sibolga itu harus punya keberanian, yang ada di billboard dan lain sebagainya harusnya juga ditertibkan. Ini menjadi sebuah pertanyaan besar buat bawaslu Sibolga, apa yang menjadi alasan sehingga itu dibiarkan, kita berharap bawaslu Sibolga tidak plin-plan dalam mengambil sikap dan penindakan,” ungkapnya.

“Saya juga khawatir sikap bawaslu yang hari ini kurang tegas dan tanggap melihat fenomena pelanggaran pemilu itu justru akan menimbulkan preseden buruk di belakangan hari,” ujarnya.

Menurut Brahmana, partai politik juga memiliki kewenangan mengajukan gugatan tentang sikap bawaslu Sibolga, bila merasa keberatan atas penertiban APK caleg yang tidak konsisten dan adil.

“Kita juga sarankan bawaslu Sibolga,agar dapat melakukan langkah-langkah terukur dalam bertindak, serta mampu mengedepankan keterbukaan kepada masyarakat,” ucapnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00