• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

RRI Punya Tanggung Jawab Besar Pulihkan Kondisi Korban Bencana

7 December
21:07 2018
1 Votes (5)

KBRN, Yogyakarta : Pengamat media massa Puji Riyanto, menaruh harapan besar pada Lembaga Penyiaran Publik (LPP), untuk menyajikan siaran yang mampu membangkitkan semangat hidup para korban bencana alam.

Harapan itu berangkat dari sebuah keyakinan, jika LPP bisa berbuat lebih baik melalui siaran-siarannya, dibandingkan media penyiaran swasta yang cenderung mengejar keuntungan semata, dari produk jurnalistik yang mereka buat.

"Bahwa terjadi bencana iya, bahwa kita sedih dengan itu iya, tetapi kan yang lebih penting apa yang harus kita kerjakan untuk itu, yang tentunya jauh lebih baik," ucap Puji, dalam workshop penyusunan buku panduan meliput bencana, di Hotel Santika Yogyakarta, Jumat (7/12/2018).

Penyusunan buku tersebut, melibatkan kalangan angkasawan dan angkasawati RRI, sebagai salah satu LPP di Indonesia. Baginya, radio publik itu harus bisa membuat program siaran dan berita, yang menginspirasi masyarakat terdampak bencana untuk bangkit.

Hal tersebut harus ditekankan kepada seluruh jurnalisnya, agar produk berita di RRI, tidak menyebabkan korban bencana terpuruk, pada suasana duka dan sedih yang lebih dalam.

"RRI sebagai LPP independensinya jauh lebih terjaga, karena tidak terbebani menaikkan rating siaran, sehingga program siaran dalam situasi bencana harus betul-betul memberdayakan publik," imbuhnya.

Sedangkan Direktur Direktorat Program dan Produksi LPP RRI Soleman Yusuf menjelaskan, jika lembaganya memiliki banyak pengalaman tentang siaran bencana, salah satunya waktu kejadian erupsi Gunung Merapi tahun 2010 silam.

"Berita kita sangat banyak waktu itu, satu hari bisa 46 kali laporan dari hasil liputan reporter di lapangan, durasinya antara 5 sampai 10 menit," ujarnya.

Tetapi ia menandaskan, meski media radio sangat mengandalkan unsur kecepatan dalam penyampaian informasi kepada publik, tetapi akurasi data tetap yang paling utama, sehingga validitas informasi tetap terjaga.

"Jadi bukan sekedar cepat, tetapi juga harus tepat, dan untuk siaran kebencanaan, RRI memproduksi berbagai filler tentang edukasi seputar pengetahuan menyikapi bencana," ungkap dia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00