• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

BLK Rangkul Lulusan SMA Sederajat Ikut Pelatihan Kompetensi

7 December
19:07 2018
0 Votes (0)

KBRN, Bondowoso: Minimnya minat masyarakat untuk mengikuti pelatihan melalui Balai Latihan Kerja (BLK), mendorong Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, untuk mengajak para kepala sekolah SMA/SMK di Bondowoso untuk mengikut sertakan siswa lulusan SMA/SMK sebagai peserta BLK.

"Minat masyarakat untuk mengikuti pelatihan melalui BLK, di Situbondo sangat minim, oleh karenanya kami mengundang para kepala sekolah SMA sederajat di Bondowoso untuk me sosialisasikan program ini," terang Kepala BLK Situbondo, Riyanto, di Bondowoso, Jumat (7/12/2018).

Riyanto merinci jenis pelatihan yang diberikan melalui BLK, antara lain, processing, las, otomotif, salon kecantikan dan meubeler. Peserta akan memperoleh sertifikat kompeten, jika lulus dalam pelatihan.

"Jumlah peserta latihan itu 16 orang. Satu paket kegiatan pelatihan membutuhkan sekitar 240 jam pelajaran atau selama 30 hari. Mereka yang lulus kita berikan sertifikat kompeten. Bagi yang tidak lulus sertifikat yang kita berikan berbunyi tidak kompeten," paparnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bondowoso, Mahrus Syamsul, mengapresiasi ajakan BLK. Menurutnya, seharusnya siswa yang lulus SMA ataupun SMK masih perlu diberikan pelatihan khusus, sebagai modal kerja mandiri pasca lulus.

"Ada keterampilan yang tidak dimiliki oleh anak didik di sekolah yang bisa diperoleh melalui BLK," katanya.

Ia optimis, melalui sosialisasi program latihan kerja ini, akan ada banyak lulusan SMA sederajat berminat mengikuti pelatihan ini. 

"Melalui para kepala sekolah SMA/SMK ini, akan diinformasikan dan mengajak siswa lulusan untuk mengikuti pelatihan di BLK," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00