• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

BMKG: Ini Tanda-Tanda Sebelum Terjadinya Angin Puting Beliung

7 December
17:15 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Pasca peristiwa angin puting beliung yang menerjang kawasan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (6/12/2018). Prakirawan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Evan menjelaskan beberapa tanda-tanda sebelum terjadinya angin puting beliung.

Ia mengakui tanda-tanda terjadinya angin puting beliung secara spesifik sulit untuk ditemui tanda-tandanya. Tetapi, faktor utama yang memicu terjadinya angin puting beliung ialah Awan Cumulonimbus.

"Yang dapat diwaspadai adalah awan-awan yang memicu terjadinya angin puting beliung ini sendiri seperti awan cumulonimbus," jelasnya kepada RRI, Jumat (7/12/2018).

Didalam musim pancaroba ini, lanjut Evan, yang dapat dicermati juga oleh masyarakat adalah ketika terjadinya peningkatan suhu yang cukup signifikan atau pemanasan yang cukup signifikan, dari pagi hingga menjelang siang hari.

"Suhu panas akan cukup memicu pertumbuhan awan yang besar yang kemudian dapat menimbulkan hujan lebat dapat juga berpotensi disertai dengan angin kencang dan puting beliung," serunya.

Menurutnya, wilayah yang mempunyai dinamika atmosfer tinggi mempunyai potensi yang cukup tinggi untuk terbnetuknya awan-awan yang menyebabkan hujan dan ketika terjadi hujan awan tersebut terbentuk, lalu akan disertai dengan puting beliung, hujan es, dan angin kencang.

Tetapi, tidak selalu ketika turun hujan lebat akan terjadi puting beliung. Karena terjadinya puting beliung harus memenuhi beberapa kondisi terlebih dahulu, contohnya awan yang tumbuh berukuran cukup besar dan faktor beberapa kondisi lingkungan lainnya yangt ahrus terpenuhi.

"Tidak selalu ketika terjadi hujan lebat disertai puting beliung karena ada beberapa kondisi yang harus terpenuhi," imbuhnya.

"Angin puting beliung skalanya tidak begitu besar dan juga durasi terjadinya cukup singkat," lanjutnya.

Baca juga: Ratusan Rumah Di Bogor Rusak Akibat Puting Beliung

Baca juga: Puting Beliung Porak Perandakan Sejumlah Wilayah Bogor

Baca juga: Pemkot Bogor Optimalkan Bantuan Tanggap Darurat korban Puting Beliung

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00