• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Ini Wilayah yang Berpotensi Hujan Lebat Selama 2 Hari Kedepan

7 December
16:45 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Prakirawan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Evan menyampaikan beberapa daerah di Indonesia yang masih akan terjadi hujan dengan intensitas lebat.

"Beberapa hari kedepan kami masih memantau adanya potensi curah hujan, hujan intensitas lebat terutama di indonesia bagian barat," jelasnya kepada RRI, Jumat (7/12/2018).

Menurut Evan, wilayah Indonesia Barat tersebut di bagian Sumatera menjadi fokus terbesar, Pulau Jawa yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Sedangkan untuk wilayah Kalimantan hujan dengan intensitas lebat akan terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Wilayah tersebut, jelas Prakirawan BMKG, saat ini mempunyai potensi dinamika atmosfer yang tinggi, karena itu dikhawatirkan akan membentuk awan yang menyebabkan hujan sehingga berpotensi menyebabkan angin puting beliung, hujan es, dan angin kencang.

"Tetapi tidak selalu ketika terjadi hujan lebat, lalu selalu disertai puting beliung," ungkapnya.

Selain itu wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB) masih berpotensi hujan lebat dan masih terus akan terjadi sampai dua hari kedepan.

Sementara itu, untuk di wilayah Sumatera, akan berpotensi hujan lebat di wilayah Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Bandar Lampung, Sumatera Selatan, Bangka Belitung. Sementara, untuk wilayah pulau Jawa akan terjadi di Banten, Jawa Barat bagian selatan, Jawa Tengah bagian selatan, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00