• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pertanyakan Bantuan Transport, PGPS Kota Madiun Mengadu ke Dewan

7 December
12:59 2018
0 Votes (0)

KBRN, Madiun : Perkumpulan Guru dan Pegawai Sekolah Swasta (PGPS) Kota Madiun hari ini mendatangi gedung DPRD setempat, Jum'at (7/12/2018). Kedatangannya untuk mengadu ke wakil rakyat terkait kebijakan Dinas Pendidikan (Dindik) dalam hal pemberian bantuan transport kepada guru dan tenaga kependidikan khususnya di sekolah swasta.

Sekretaris PGPS Kota Madiun, Agung Agustin Dwi Putra mengatakan, pihaknya ingin melakukan klarifikasi sebab pencairan bantuan tersebut sebelumnya belum ada kejelasan. Apalagi, sebelumnya juga sempat beredar kabar, jika guru dan tenaga kependidikan yang telah bersertifikasi tidak mendapat bantuan uang transport setiap bulannya.

"Yang kami tanyakan adalah dasar hukum untuk pemberian bantuan transport untuk guru dan tenaga kependidikan jenjang SD dan SMP swasta. Karena pemberian transport serupa kan juga dilaksanakan pada jenjang PAUD dan TK swasta. Serta mekanisme penyalurannya nanti seperti apa," ungkap Agung usai melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di gedung DPRD, Jum'at (7/12/2018).

Menanggapi aduan PGPS, Ketua DPRD Kota Madiun, Istono mengungkapkan, dalam audiensi tersebut pihaknya meminta Dindik segera mencairkan bantuan transport bagi guru dan tenaga kependidikan sekolah swasta di Kota Madiun sebelum akhir tahun ini. Ini karena sesuai aturan, pencairan anggaran dalam hal ini bantuan sosial (bansos) tidak boleh dicairkan melewati tahun 2018.

"Intinya bahwa program itu di APBD sudah dianggarkan melalui PAK dan kemarin sudah diputuskan. Pihak dindik untuk mencairkan itu kan perlu verifikasi dan pencocokan kembali data yang mungkin terjadi ganda maupun orangnya tidak ada. Kami tadi sudah memwarning jangan sampai itu tidak diserap.  Karena ini sudah dipenghujung tahun, kalau kelewat Desember itu sudah tidak bisa diserap. Eman-eman, mubadzir," kata Istono.

Politisi Partai Demokrat DPRD Kota Madiun ini menjelaskan, secara prinsip pada pembahasan P-APBD beberapa waktu lalu, pihaknya peduli terhadap peran serta guru dan tenaga kependidikan khususnya di sekolah swasta. Ini karena perannya cukup besar, yakni mencerdaskan anak bangsa. Karena itu lembaganya akan memperjuangkan kesejahteraan PGPS.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00