• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Polda Riau Gelar Simulasi Pengamanan Pileg dan Pilpres 2019

7 December
12:54 2018
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Kepolisian Daerah Riau bersama TNI menggelar simulasi pengamanan kota jelang pesta demokrasi pemilihan legislatif dan presiden 2019. Simulasi melibatkan seluruh personel kepolisian dan TNI yang dipusatkan di Jalan Gajahmada Pekanbaru, Jumat (7/12/2018).

Dalam simulasi yang digambarkan terlihat polisi bertugas dari awal tahapan pemilihan kemudian pada proses pemungutan suara salah satu pendukung pasangan calon yang kalah mendatangi kantor KPU. Pendukung pasangan calon merasa tidak puas lalu terjadi aksi saling dorong.

Polisi yang berjaga berupaya menenangkan massa namun situasi semakin memanas dan polisi menyemprotkan gas air mata ke arah massa agar massa dapat membubarkan diri. 

Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo mengatakan, simulasi ini dilakukan untuk melatih kesiapan personel dan sarana prasarana kepolisian. 

"Ini bentuk kegiatan preventif, tentu kita tidak mengharapkan terjadi seperti di simulasi tadi. Kita siapkan sarana dan prasarana untuk antisipasi kemungkinan yang terjadi," kata Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo ketika diwawancara usai simulasi, Jumat (7/12/2018).

Lebih jauh diungkapkan Kapolda, atensi kepolisian dalam pengamanan pemilu 2019 mendatang berbeda dibandingkan 5 tahun lalu.

"Terkait TPS masih harus berkordinasi dengan KPU dan Bawaslu karena pemilu 2019 ada 5 surat suara DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan Presiden. Ada 300 orang dalam satu TPS. Satu orang diberi waktu 5 menit dengan batas waktu pemilihan sampe jam 1 siang maka akan banyak evaluasi," ungkapnya.

Meskipun demikian, jenderal bintang dua ini memastikan  situasi di Riau sampai saat ini masih amn. "Belum ada yang menonjol. Dalam kondisi apa pun kita siap justru diharapkan diseluruh wilayah Riau tidak terjadi yang seperti di simulasi. Mengacu pengalaman terdahulu tidak ada permasalahan," tegasnya.

Pada pemilu 2019 mendatang, Polda Riau mengerahkan 6.000 personel kepolisian dibantu 2.200 peraonel TNI untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi 5 tahunan ini.

Sementara itu, Danrem 031 Wirabima Brigjen Sonny Irianto mengatakan personel TNI siap membantu kepolisian dalam pilpres dan pileg 2019 mendatang.

"Kita sudah siap jadi seperti batalyon 132 dibawah Korem 031 Wirabima dalam latihan keseharian juga berlatih penindakan. Penebalan pengamanan akan dilakukan di objek vital dan kantor pemerintahan," tutup Danrem.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00