• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kemenag Batam Dapat 2 Ribu Pasang Kartu Nikah

6 December
23:06 2018
0 Votes (0)

KBRN, Batam : Kementerian Agama Kota Batam sudah menerima 2.000 pasang kartu nikah dan 500 blangko nikah dari pemerintah pusat. Selain itu, printer card dan camera juga sudah didistribusikan di 12 Kantor Urusan Agama (KUA) yang tersebar di Batam. 

Kepala Kantor Perwakilan Agama Kota Batam, Erizal Abdullah mengatakan, kartu nikah dan blangko nikah ini diprioritaskan untuk pasangan baru menikah. Sedangkan untuk pasangan lama yang sudah menikah, menunggu instruksi selanjutnya dari pemerintah pusat. 

Erizal membeberkan, kartu nikah ini memudahkan masyarakat ketika ditanyai oleh petugas saat menginap di hotel-hotel syariah, begitu pula saat saat petugas gabungan melakukan penertiban penyakit masyarakat. 

"Prosedurnya tidak ada yang berbeda dengan pengajuan pernikahan sebelumnya. Pasangan sudah menikah mendapatkan buku dan kartu sekaligus, tidak perlu menunggu lama, kartu ini lebih efisien karena bisa dibawa kemanapun," kata Erizal di Sekupang, Kamis (06/12/2018).

Bagi masyarakat yang ingin menikah, tambahnya, tidak perlu lama menunggu, karena prosesnya sama seperti menikah biasa, mulai dari mengurus keterangan RT/RW, mendaftarkan diri ke KUA, hingga mendapatkan buku nikah dan kartu nikah. Sampai saat ini sudah ada dua pasangan yang menerima kartu ini, di KUA Sekupang. 

Sejauh ini, Erizal mengaku pihaknya sudah memberikan pelatihan kepada pegawai ASN Kemenag yang ditempatkan sebagai operator. 

Erizal merincikan, perekaman data untuk kartu nikah sama seperti e-KTP, data-data yang masuk di KUA tingkat kecamatan akan terhubung ke Kemenang kota, provinsi hingga pusat.Bentuknya pun pada bagian depan terdapat foto suami dan istri, nama lengkap dan  barcode, dibelakangnya juga terdapat arti surah Ar-rum ayat 21.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00