• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Berita Olahraga

Peraih Medali Emas Cabor Pencak Silat di Asian Games, Ikut Ambil Bagian Dalam Porprov di Kutim

6 December
22:27 2018
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda: Iqbal Candra Pratama meraih medali emas dalam ajang Porprov VI/2018. Pemegang medali emas Asian Games 2018 ini, pada porprov tak turun di kelas spesialisasinya yakni kelas D (60-65 kg). Iqbal naik kelas ke kelas E (65-70) kg. Meski demikian, saat di final Iqbal tetap mampu menunjukkan ketangguhannya dan mampu mengalahkan Sudibyo, pesilat asal kota Bontang. 
Satu emas Iqbal berkontribusi terhadap gelar juara umum yang diraih kontingen Samarinda pada porprov keenam kali ini. secara keseluruhan, kontingen Kota Tepian meraih 11 medali emas, 4 perak dan 5 perunggu. Di peringkat kedua ada kabupaten Kutai Kartanegara yang mengumpulkan 6 emas, 7 perak dan 2 perunggu. 
Wakil Ketua Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kaltim Ego Arifin mengatakan, “Para juara kali ini lebih banyak wajah baru. Meski demikian, dirinya menilai mental dan teknik sudah teruji karena sekitar 80 persen atlet yang turun merupakan alumni SKOI Kaltim dan PPLP. Mereka tidak canggung, sehingga kami jadi yakin untuk persiapan menghadapi Pra PON nanti,” Wakil Ketua Pengprov IPSI Kaltim, Ego Arifin kamis (6/12/2018).
Ego mengatakan, pada PON 2016 Jawa Barat lalu tak banyak pesilat Kaltim yang lolos. Namun pada Pra PON 2019 nanti, dirinya optimistis banyak atlet yang berpotensi lolos dan silat bisa menyumbangkan medali emas. 
“Kita punya persiapan panjang menuju PON. Tadinya di dua kali PON, silat belum bisa sumbang emas. Mudahan di PON Papua nanti kita bisa, jika melihat materi yang ada,” jelasnya. 
Ego mengatakan, Iqbal merupakan atlet yang diandalkan untuk meraih emas pada PON nanti. Karena itu dirinya berharap Iqbal konsisten menjaga performa. Perihal apakah Iqbal akan bermain di kelas D atau E, Ego mengatakan hal itu akan ditentukan nanti.
Ego Arifin mengakui Samarinda memang mendominasi, namun untuk pertama kalinya Kutai Timur dan Kutai Barat mampu meraih medali emas. Selain itu, tiga pesilat Mahakam Ulu juga mampu lolos ke final meskipun akhirnya kalah. Ini menunjukkan bahwa perkembangan pembinaan silat di daerah cukup bagus. “Hampir merata, Mahulu walaupun kalah tapi bisa masuk final. Paser, Berau stabil meskipun prestasi yang mereka raih belum cukup bagus.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00