• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Optimalkan Setoran Pajak, Pemkot Palembang Pasang Alat Perekam Transaksi

6 December
21:53 2018
0 Votes (0)

KBRN, Palembang : Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mulai menerapkan teknologi yang dapat merekam transaksi pada setiap hotel dan restoran dengan memasang sebanyak 400 alat yang disebut tapping box. 

Alat ini bekerja secara daring sehingga pemerintah daerah bisa langsung melihat setiap aktifitas transaksi.

Walikota Palembang, Harnojoyo, mengatakan, upaya ini tidak lain untuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak hotel dan restoran. 

"Kita berharap dengan penerapan teknologi itu, realisasi pajak restoran dan hotel bisa meningkat 100 persen," ujarnya usai apel akbar deklarasi optimalisasi pendapatan daerah dengan penertiban reklame, Kamis (6/12/2018).

Untuk mencapai target tersebut ungkap Harno diperlukan keseriusan, oleh karena itu penerapan tapping box ini juga melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengawasi kinerja di tubuh pemerintah daerah. 

"Di tahun 2017 saja, pajak restoran itu mencapai Rp154 miliar dan tahun ini sudah Rp300 miliar. Jika ini dikerjakan serius apalagi dengan adanya alat ini, insha Allah PAD kita bisa terus meningkat," tambahnya. 

Sementara itu,  Wakil Ketua KPK Jhony Saut Situmorang mengungkapkan jika tapping box ini sangat berguna bagi pemerintah daerah, sehingga Pemkot Palembang bisa mendapatkan angka pasti setoran pajak rumah makan dan hotel yang diterima, apalagi diakui selama ini masih banyak pajak yang tidak dilaporan. 

"Bahwa teknologi itu bisa membangun integritas bangsa kan, oleh sebab itu penerapan teknologi ini akan menimbulkan kepercayaan antara wajib pajak dan Pemerintah serta masyarakat," tukasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00