• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pemerintah RI Segera Tanda Tangani Kerjasama Dagang Dengan Mozambik dan Falkland

6 December
18:52 2018
0 Votes (0)

KBRN, Bandung :Menteri Perdagangan (Mendag) RI Enggartiasto Lukito mengungkapkan, pemerintah Indonesia dalam waktu dekat segera melakukan kerjasama dengan Mozambik serta Kepulauan Falkland. Hal tersebut diungkapkan Eanggartiasto, usai acara Peresmian Daerah Tertib Ukur, Pasar tertib Ukur dan Unit Metrologi legal, di Bandung Kamis,(5/12/2018).

“Tanggal 16 Desember ini Insya Allah dengan FK (Kepulauan Falkland), tanggal 17 dengan Mozambik,”ungkapnya.

Selain dengan kedua negara tersebut, Mendag juga mengatakan pemerintah Indonesia tengah melakukan penjajagan dengan Australia. Menurutnya, saat ini pihak kementrian luar negeri tengah mempersiapkan kerjasama tersebut, tinggal menunggu waktu yang tepat.

“Australi kita tunggu, tunggu waktu yang tepat. Kita tunggu dari menteri luar negeri, semua sudah siap, tinggal tunggu saja,”jelas Mendag.

Sementara disinggung kerjasama dagang bebas tarif dengan Palestina, dalam skema ekspor dan impor, menurutnya Indonesia masih menunggu barang apa saja yang dibutuhkan Palestina. Sedangkan Palestina sendiri bersedia mengirim kurma dan minyak zaitun.

“Sementara mereka mau masukin kurma dengan minyak zaitun. Pak Presiden bilang apapun yang mereka mintakan penuhi. Saya bilang ke menterinya, kaget menterinya,”ungkapnya.

Namun Enggartiasto mewanti – wanti pihak Palestina untuk berhati-hati adanya Free Rider, yang mendompleng kerjasama dagang bebas tarif tersebut.

“Yang menjadi persoalan mereka keluar barang dari Palestina itu susah. Dan saya bilang mari sama-sama jangan ada Free Rider yaitu barang dari negara lain numpang atasnama Palestina seolah-olah. Kita sama-sama saling menjaga, kita sama-sama saja,”pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00