• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Presiden Joko Widodo: Tahun 2019 Pembangunan Fokus Pada Pengembangan SDM

6 December
17:00 2018
1 Votes (4)

KBRN, Yogyakarta : Presiden Joko Widodo menegaskan, mulai tahun depan strategi pembangunan nasional akan diarahkan pada pembangunan SDM secara besar-besaran.

Meski demikian, pembangunan infrastruktur juga masih akan diteruskan termasuk di wilayah Papua meskipun baru saja terjadi pembunuhan terhadap 20 pekerja proyek infrastruktur di wilayah Indonesia Timur tersebut.

“Mulai tahun depan, strategi pembangunan kita akan kita geser, yaitu pada pembangunan manusia, SDM yang tentu saja ini akan dilakukan secara besar-besar. Baik untuk vocational training, vocational school, politeknik juga untuk menyekolahkan anak-anak kita, mahasiswa kita banyak-banyak ke luar untuk menimba ilmu, karena perubahan global sekarang ini sudah sangat cepat sekali,” jelas Presiden Joko Widodo ketika menghadiri acara Milad Satu Abad Madrasan Mu’allimin dan Mua’llimat Muhammadiyah di Yogyakarta, Kamis (6/12/2018)  siang.

Sementara itu, Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X, pada resepsi milad tersebut mengakui, bahwa Madrasah Mu’alimin dan Mu’allimat merupakan pusat pendidikan santri yang paling tua di Indonesia dan anak didiknya kini siap menuju era global.

“Madrasah Mu’allimin dan Mua’llimat di Yogyakarta adalah tempat di mana Muhammadiyah sebagai gerakan pemurnian tentang pembaharuan Islam dilahirkan.Para santri sebagai kader Muhammadiyah siap untuk melintasi zaman dan juga siap memasuki abad baru di tengah masyarakat global,” kata Sultan.

Sedangkan pembina sekaligus lulusan Mu’alimin Ahmad Syafii Maarif menegaskan, Presiden Jokowi hadir sebagai kepala negara. Dan pemerintah telah banyak memberikan perhatian kepada berbagai lembaga pendidikan di bawah Muhammadiyah.

“Kalau masih ada orang mengatakan presiden kurang perhatian pada Islam itu, hentikanlah cara-cara seperti itu. Yang datang ke Milad ini adalah presiden, bukan cawapres,” tegas Buya Syafii Maari.

Ia menambahkan bahwa pemerintah melalui sejumlah BUMN di Indonesia membantu pembangunan gedung baru Madrasah Mu’allimin di daerah Sedayu Bntul, yang pembangunannya dimulai pekan depan.

Dalam kujungan kerja di Yogyakarta, Presiden Joko Widodo dan rombongan juga mengunjungi Kraton Yogyakarta dan kampus Universitas Aisyiyah Yogyakarta. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00