• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Gerakan Nasional Penanamam 10 Ribu Hektar Aren di Kaltim Terkendala Lahan

6 December
16:19 2018
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Kampanye lingkungan hidup yang dilakukan 25 peserta Diklat Reform Leader Academy (RLA) angkatan XVI melalui penanaman pohon aren Kamis (6/12/2018)  berlangsung di Desa Manunggal Jaya Kecamatan Sebulu,  Kabupaten Kutai Kartanegara. Ini menjadi bagian dari Gerakan Nasional Penanaman 10 ribu hektar aren yang akan dimulai tahun 2019.

Ketua PKP2A III LAN Samarinda Dr Mariman Darto kepada RRI mengatakan Kaltim termasuk Provinsi yang cukup beruntung karena memiliki karakteristik yang cocok untuk tumbuh kembang pohon aren. Ditahun depan,  Kaltim mendapatkan kepercayaan menanam seribu pohon aren yang rencananya akan disebar ke beberapa Kabupaten seperti Kutai Kartanegara,  Kutai Timur dan Berau. Namun,  dalam pelaksanaan program ini Kaltim menurut Mariman justru kesulitan mencari lahan yang siap ditanami aren.

“Komitmen Kita tinggi tetapi lahan Kita yang sedikit, kan sulit juga”, kata Mariman.

Menanggapi persoalan tersebut, Pj Sekda Provinsi Kalimantan Timur Dr Meiliana mengakui meski Kaltim memiliki lahan yang luas di 10 Kabupaten/Kota namun tak jarang menghadapi permasalahan pembebasan lahan. Fakta ini menjafi tantangan bagi Pemerintah Daerah untuk saling berkoordinasi dan sinergis agar ‘Gerakan Nasional Menanam Aren’ di Kaltim tidak mandek.

“Betul, yang sulit itu soal pembebasan lahannya. Tapi nanti Kita sampaikan kepada Plt Bupati Kukar, atau Pemda supaya memberikan lahan yang cukup untuk menanam aren”, ungkap Mei.

Dipilihnya pohon aren dalam Gerakan Nasional mendukung Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan di Indonesia pada tahun 2025 dilatarbelakangi hasil penelitian yang membuktikan aren kaya akan manfaat serta ramah lingkungan. Emisi yang dihasilkan aren cukup rendah dan semua bagian aren mulai dari buah,  daun hingha batang dapat diolah dan dimanfaatkan. Di Indonesia tidak semua Provinsi mendapatkan jatah menanam pohon aren karena hanya beberapa wilayah di Tanah Air yang memiliki kontur tanah dan iklim paling sesuai untuk pertumbuhan pohon aren.

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00