• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Budaya dan Seni Masyarakat Sasak Dongkrak Pariwisata NTB.

6 December
13:26 2018
0 Votes (0)

KBRN, Mataram : Industri pariwisata di daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak hanya di dukung oleh keindahan alam yang memukau.

Budaya dan kesenian yang dimiliki juga menjadi daya tarik tersendiri sehingga wisatawan baik lokal, domestik dan mancanegara menjadikan NTB sebagai destinasi tujuan untuk berwisata.

Ketua Majelis Adat Sasak (MAS) Lalu Bayu Windia mengatakan, masyarakat suku sasak yang mendiami Pulau Lombok memiliki beragam budaya, kesenian dan hasil karya cipta yang terus di kembangkan serta dilestarikan.

Belakangan ini banyak bermunculan sanggar yang konsen melaksanakan kegiatan kebudayaan dan kesenian bersinergi dengan pemerintah.

“Majelis Adat Sasak terus melakukan pembenahan terhadap hasil karya cipta baik itu tari – tarian sehingga tidak keluar dari kaidah yang ada,” katanya, Kamis (6/12/2018).

Namun yang tidak kalah pentingnya seni, budaya dan kearifan lokal lainnya harus di jaga dan dilestarikan sehingga generasi muda tidak salah dalam mengimplementasikannya.

“Kita bersama dengan dinas pariwisata maupun dinas kebudayaan membuat semacam workshop, pelatihan dan training kepada guide – guide supaya satu suara dalam memberikan penjelasan kepada para tamu terhadap pemaknaan, pengertian dari budaya – budaya dan tradisi yang ada di masyarakat Lombok,” ucapnya.

Bayu Windia mengungkapkan, atraksi budaya dan seni masyarakat sasak disatu sisi menjadi kebanggaan tersendiri.

Selain itu juga memiliki nilai jual tinggi dalam mendongkrak ataupun menopang pariwasata NTB. Untuk itulah Majelis Adat Sasak bersama jajaran terkait lainnya secara konsisten melakukan berbagai kegiatan budaya dan seni yang juga sebagai hajatan dalam melestarikannya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00