• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Bangkitkan Kepercayaan Diri Kaum Difabel

6 December
11:42 2018
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Ratusan penyandang disabilitas memadati halaman Balai Kota Yogyakarta dalam acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional, yang digelar oleh Dinas Sosial setempat.

Pada kesempatan itu, para difabel tidak sekedar mendapatkan aneka hiburan dan atraksi, tetapi juga  berbagai pelatihan menyangkut kesiapsiagaan bencana, seperti cara mendirikan tenda untuk pengungsi dan bagaimana memasak di dapur umum.

Untuk hiburan, di acara itu disuguhkan aneka tari dan perfoma bakat lain yang dimiliki para difabel, guna membangkitkan rasa percaya diri mereka. Salah satu penampil dalam acara tersebut adalah Puput, yang merupakan anak penyandang disabilitas yang mampu menari dan menghibur peserta acara.

Di tengah keterbatasannya, Puput memiliki semangat juang yang tinggi. Di samping itu, kepercayaan diri Puput juga mampu dijadikan motivasi untuk penyandang disabilitas lainnya.

Dalam kesempatan itu, Devi, perwakilan dari Tagana (Taruna Siaga Bencana) menuturkan, tidak mudah untuk membentuk rasa percaya diri yang tinggi bagi kaum disabilitas.

“Tidak mudah memang memberikan rasa pede buat mereka kaum disabilitas. Tapi alhamdulillahnya, guru di sekolah-sekolah disabilitas sudah banyak yang berhasil. Salah satunya ya, Puput itu,” terang Devi, di sela acara, Rabu (5/12/18).

Peringatan Hari Disabilitas Internasional diharapkan mampu membangkitkan kesadaran masyarakat umum untuk ramah dan lebih terbuka dengan kaum disabilitas.

“Memang untuk negara kita di Indonesia yang ramah disabilitas masih kurang banyak, makanya Pemkot Kota Yogyakarta sedang gencar membuat kecamatan inklusi, kelurahan inklusi, semua fasilitas umum untuk sekarang mulai dibuat untuk fasilitas disabilitas. Dari jalan menuju anak tangga maupun toilet juga sudah ramah dengan disabilitas,” kata Budiono selaku Ketua Tagana.

Budiono menambahkan, rangkaian acara dimulai dari senam pagi bersama disabilitas, pemberian motivasi dari Tagana dan Dinas Sosial, lalu hiburan dan pembagian doorprize disambut suka cita oleh peserta yang hadir.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00