• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Dalam Komik Terbaru, Si Juki Tingkatkan Literasi Kemaritiman

6 December
00:35 2018
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta:  Menjadi populer banyak yang bisa dilakukan. Bisa meningkatkan literasi kemaritiman sambil membantu pemerintah Indonesia mempromosikan 10 tempat destinasi wisata agar mendunia seperti Bali. Itulah Si Juki. 

Sang pembuat komik "Si Juki" Faza Ibnu Ubaidillah alias Faza Meonk baru saja meluncurkan buku terbarunya berjudul “Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara”. Menurutnya, seri ini akan melengkapi seri komik "Si Juki" jalan-jalan ke luar negeri. Untuk seri perdana, Si Juki diceritakan melakukan petualangannya ke Labuan Bajo, Flores.

"Ini keinginan saya dari dulu, suatu hari bisa memvisualkan pariwisata Indonesia kayaknya menarik ya. Dan kejadian juga, bisa mengkomikkan ini dan didukung Pemerintah," ujar Faza di temui Radio Republik Indonesia  di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Buku komik ini menceritakan kisah Si Juki yang melakukan perjalanan ke Labuan Bajo bersama seekor macan bernama Mang Awung untuk menyelesaikan sebuah misi rahasia. Dalam menjalankan misi rahasia tersebut, mereka menjelajah mulai dari Bukit Cinta, Gua Batu Cermin, Pulau Padar, Pink Beach, Taman Nasional Pulau Komodo Manggarai Barat, hingga ke Flores. Dalam perjalanannya, keduanya mendapati banyak destinasi wisata anti mainstream yang menarik untuk dikulik.

Faza menjelaskan  buku yang sasaran utamanya adalah generasi milenial ini tetap didesain dengan menyelipkan nilai-nilai komedi, sama halnya dengan komik-komik Si Juki lainnya.

"Tiap konten punya tantangan masing-masing. Sebagai kreator, mengkomunikasikan lokasi wisata menjadi sebuah ceritera adalah sebuah tantangan," ujarnya.

Deputi Bidang Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Kemaritiman Agung Kuswandono mengatakan kerjasama literasi tentang isu kemaritiman diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya generasi muda dan anak-anak Indonesia akan hal ini.

"Untuk kerjasama dengan Juki ini, kita mulai dari Labuan Bajo. Dan menyusul sembilan judul buku lainnya," jelas Agung Kuswandono. 

Agung Kuswandono menambahkan sembilan judul komik yang akan dicetak setelah seri Labuan Bajo,  berisi kisah Si Juki di 10 tempat destinasi wisata yang sedang digarap pemerintah agar mendunia seperti Bali. 

"Kenapa dipilih Komik Si Juki, karena sasaran utama kita adalah anak anak milenial. Kalau mereka diberi buku buku tebal yang sifatnya serius mungkin mereka males membacanya. Tapi kalau dengan model Si Juki ini kita bisa langsung menyampaikan bahwa akan ada destinasi pariwisata dan mereka bisa langsung menyerap dengan baik,"ujar Agung.

Direktur Utama PT Elex Media Komputindo Wandi S Brata pihaknya senang sekali diajak ikut serta dalam program Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman ini karena keahlian kami adalah membuat buku, terlebih yang dilibatkan adalah sosok Si Juki yang komiknya selalu laris. 

"Ketika kami diajak, dalam hal ini keterlibatan teman-teman tim Juki, ini luar biasa. Karena komik Juki dan ikon Juki ini sudah jadi ikon yang populer. Mudah-mudahan dengan ini upaya-upaya literasi kemaritiman, bisa cepat masuk dan menjadi kesadaran semua orang,” ujar Wandi.

Karakter Juki pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010. Juki digambarkan sebagai sosok mahasiswa yang nyeleneh, spontan dan tidak seperti mahasiswa pada umumnya (anti-mainstream). Karakter ini dinilai dekat dengan keseharian mahasiswa dan juga warga Indonesia kebanyakan, dan karenanya mendapat sambutan luas masyarakat. 

  

  • Tentang Penulis

    Budi Prihantoro

    Jurnalist Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: budiprihantoro811@gmail.com

  • Tentang Editor

    Agus Rusmin

    Reporter Senior RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00