• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Delapan Kecamatan di Agam Jadi Habitat Bunga Rafflesia

5 December
20:09 2018
0 Votes (0)

KBRN, Agam : Tercatat hingga saat ini, Kabupaten Agam memiliki sembilan titik populasi dua jenis bunga langka (Rafflesia) yang tersebar di delapan Kecamatan.

Pengendali Ekosistem Hutan pada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Agam, Ade Putra, Rabu (5/12/2018) mengatakan, Kabupaten Agam memiliki dua jenis bunga langka diantaranya, Rafflsia Arnoldi dan Rafflesia Tuan Mudae.

Sembilan titik habitat dua jenis Raflesia itu, yakni di Hutan Cagar Alam Palupuh Jorong Batang Palupuh Nagari Koto Rantang Kecamatan Palupuh, di kelok 35 Rimbo Kapau Jorong Kuok Tigo Koto Nagari Matur Mudiak, di hutan Bukit Baka Kampung Karuak Nagari Salo Kecamatan Baso, di Jorong Aia Tabik Nagari Kamang Mudiak Kecamatan Kamang Magek

Berikutnya sambung Ade Putra, di daerah Kabun Gadang Jorong Sigiran Nagari Malalak Utara Kecamatan Malalak, di Hutan Sikabu Jorong Data Sungai Taleh Nagari Baringin Kecamatan Palembayan, di Nagari Koto Kaciak Kecamatan Tanjung Raya, di Rimbo Lakuak Gadang jorong Data Simpang Dingin Nagari Paninjauan, serta di Bukit Baka Jorong Guguak Rang Pisang Nagari Kamang Hilia Kecamatan Kamang Magek.

“Untuk daerah yang masing-masing nya memiliki jenis bunga langka Rafflesia Arnoldi, dan jenis bunga langka Rafflesia Tuan Mudae, populasinya terdapat di hutan Cagar Alam Maninjau Jorong Marambuang Nagari Baringin Kecamatan Palembayan, dengan populasi terbanyak dari daerah lain,” terangnya.

Ade Putra menambahkan, Rafflesia terbesar yang ditemukan pihaknya berjenis Tuan Mudae, di hutan cagar alam Maninjau, Kecamatan Palembayan, dengan diameter mencapai 107 cm, dan bunga itu merupakan diameter terbesar yang pernah didokumentasikan.

“Maka dari itu BKSDA Agam menghibau masyarakat melalui aparatur nagari untuk bersama-sama menjaga keberadaan tumbuhan yang sangat langka ini,” sebutnya.

Tidak cukup hanya dengan pengamanan berupa pagar dan papan informasi saja, Ade Putra menilai bantuan masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan mengamankan bunga ini sangat diperlukan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00