• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

PKB-PKLB belum Ideal, BKKBN Jatim Tingkatkan Kualitas Kader

5 December
18:48 2018
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) dan Penyuluh Keluarga Berencana (KB) diajak untuk kreatif dan inovatif sebagai upaya mengikuti perkembangan zaman dengan upgride kualitas. Ini dinilai penting sebagai upaya bentuk pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, Yenrizal Makmur SP MM menyatakan komitmen dan loyalitas tenaga PKB dan kader IMP dalam menyukseskan program keluarga beranca dibutuhkan.

Meski Yenrizal mengaku saat ini jumlah PKB belum ideal, namun dengan tenaga yang ada diharapkan terus memberikan pelayanan.

"Jika dilihat saat ini jumlah PKB di Jatim masih tidak ideal alias timpang. Dari total 8513 desa yang tersebar di 38 kabupaten/kota, tenaga PKB/PLKB hanya berjumlah 2264 orang. Sehingga berdampak pada pembinaan tenaga PLKB/PKB pada desa binaan," ungkap Yenrizal Makmur SP MM disela acara Ajang Kreativitas Kader IMP dan Penyuluh KB di Hotel Ayana Trawas Mojokerto, Rabu (5/12/2018).

Yenrizal menambahkan saat ini satu tenaga PKB/PLKB bisa memegang empat desa binaan, padahal idealnya satu tenaga PKB/PLKB hanya memegang maksimal dua desa.

"Kalau dari data Dallap menyebutkan ada 10 kabupaten/kota di Jatim yang sudah ideal (Satu orang memegang dua desa, red), akan tetapi mayoritas kabupaten/kota belum bisa ideal," tegasnya.

Kedepan orang nomer satu di lingkungan BKKBN Jatim ini berharap, dengan diadakan ajang kreativitas dapat menambah pengalaman tenaga PKB/PLKB dalam mengelola desa binaan. "Memang tenaga PKB/PLBK kita terbatas, sehingga diperlukan SDM PKB/PLKB yang berkualitas," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00