• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Mahkamah Konstitusi Sahkan Hasil Perolehan PSU Pilkada Sampang

5 December
18:09 2018
0 Votes (0)

KBRN, Sampang : Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia akhirnya mengesahkan hasil prolehan suara Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Sampang 2018. Pengesahan perolehan tersebut terungkap dalam sidang dengan agenda pembacaan putusan PSU yang dipimpin Anwar Usman yang di gelar hari ini Rabu 905/12/2018) di Jakarta Pusat.

Dalam amar putusannya, MK menyatakan pertama menolak secara keseluruhan permohonan pemohon, kedua menyatakan pembatalan hasil rekapitulasi penghitungan suara keputusan KPU Sampang tertanggal 5 Juli 2018, ketiga menyatakan sah hasil pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Sampang yang digelar 27 Oktober 2018 berdasarkan DPTHB, keempat menetapkan hasil perolehan suara yang benar dari masing-masing pasangan calon Pilkada Sampang.

Dikonfirmasi Ketua KPU Sampang Syamsul Mu’arif mengatakan, pada intinya MK menyatakan menerima hasil PSU yang sudah dilaksanakan KPU. MK juga menetapkan hasil rekapitulasi dan penghitungan akhir di tingkat kabupaten sebagaimana perolehan suara yang diterima masing-masing paslon.

“Bahwa hasil sidang pembacaan putusan PSU Pilkada Sampang, MK secara sah menetapkan prolehan Hasil Suara di PSU Pilkada Sampang. Hal itu berdasar karena KPU sudah melaksanakan ketentuan di PSU sesuai amar putusan MK,” katanya Rabu (05/12/2018).

Atas putusan tersebut, pihaknya dalam waktu dekat akan melajukan rapat penetapan dan mengumumkan ke publik hasil dari PSU sampang.

“Kita sudah melaksanakan pemungutan dan penghitungan sesuai dengan ketentuan, dan kita akan menindaklanjuti dalam satu hari dua hari kedepan akan merenanakan rapat pleno untuk mentapkan bupati terpilih,” terangnya

 Sementara dalam  sidang tersebut juga di hadiri pihak pemohon dalam hal ini 4 Komisioner KPU termasuk ketua KPU Sampang.

“Ada empat komisioner yang hadir ditambah 1 ketua KPU Sampang,” ujarnya

Perlu diketahui, hasil rekapitulasi di tingkat Kabupaten, MK telah menetapkan hasil perolehan suara Pilkada yakni pasangan calon nomor urut 1 Slamet Junaidi-Abdullah Hidayat (Jihad) unggul dengan memperoleh 307.126 suara. Sedangkan paslon nomor urut 2 H. Hermanto Subaidi-H. Suparto (Mantap) memperoleh suara 245.768. Terakhir paslon nomor urut 3 H. Hisan-KH. Abdullah Mansyur (Hisbullah) meraih 24.746 suara.

Sementara itu Calon Bupati Sampang yang memperoleh suara terbanyak yakni H. Junaidi mengatakan  Sesuai putusan MK, dalam hal ini KPU untuk segera memplenokan dan menetapkan bupati terpilih.

“Yang jelas dari putusan MK bahwa memerintahkan KPU untuk segera memplenokan, pada intinya MK sudah putuskan KPU untuk segera melakukan penetapan bupati terpilih,” katanya

 Selain itu pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada pihak penyelenggara dalam hal ini KPU Sampang dan masyarakat termasuk pihak kemanan yang juga ikut serta mengamankan dan mensukseskan pelaksanaan Psu Pilkada Sampang 2018 ini.

“Saya sangat berterima kasih karena sudah melaksanakan tahapan PSU dengan suasana kondusif juga kepada pihak keamanan termasuk penyelenggara yakni KPU dan Bawaslu  Sampang, dan harapan kami semua kita harus satu visi dan misi karena saya yakin calon yang yang lain dan seluruh masyarakat sampang berharap yang sama Sampang agar menjadi lebih baik,” pungkasnya

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00