• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

IMAJI Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan Jiwa

5 December
17:16 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungkidul : Banyaknya kasus bunuh diri di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, erat kaitanya dengan kesehatan jiwa. Untuk itu, masyarakat perlu mendapatkan pemahaman akan pentingnya kesehatan jiwa.

Terkait hal itu, Yayasan Inti Mata Jiwa atau Imaji Gunungkidul terus menjadi promotor penyadaran masyarakat agar mereka peduli terhadap kesehatan masyarakat utamanya kesehatan jiwa.

Ketua Yayasan Imaji, Yaka Yanu Widiasta mengatakan, sudah saatnya masyarakat sadar dan memahami pentingnya kesehatan jiwa yang ada di tengah masyarakat.

“Sangat disayangkan jika masyarakat jarang memperhatikan mengenai kesehatan jiwa,” tuturnya, saat acara Sosialisasi Kesehatan Jiwa di Nglipar, Rabu (5/12/2018).

Yaka Yanu menjelaskan, memahami kesehatan jiwa sama halnya dengan ikut mencegah munculnya kasus bunuh diri di lingkungannya. Memperhatikan orang lain saat tertimpa masalah dinilai menjadi alternatif ikut memperbaiki kesehatan mental seseorang.

Menurutnya, menjaga kesehatan jiwa seluruh masyarakat merupakan tugas semua pihak. Keluarga sebagai unit terkecil masyarakat harus mampu menjadi garda terdepan berperan dalam menjaga kesehatan jiwa anggota keluarganya.

Gangguan jiwa sangat beragam jenisnya, mulai dari yang ringan hingga akut. Informasi yang akurat dari pihak keluarga akan sangat membantu para tenaga pemberi layanan kesehatan jiwa untuk melakukan diagnosa dan menentukan perawatan yang tepat,” terangnya.

Sosialisasi pentingnya kesehatan jiwa ini dilaksanakan di Kecamatan Nglipar dengan peserta Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan atau PKH. Pembelajaran yang diberikan diharapkan dapat mendorong masyakat untuk lebih peka terhadap lingkungan sosial warga lainya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00