• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Empat Prodi di UNS Terakreditasi Internasional.

5 December
14:42 2018
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta : Internasionalisasi terus diupayakan Universitas Sebelas Maret UNS Solo, salah satunya dengan mendorong Program Studi mengikuti Akreditasi Internasional. 

Wakil Rektor I UNS Solo, Prof. Sutarno kepada wartawan di ruang kerjanya mengatakan, saat ini ada empat Program Studi yang telah lolos akreditasi Internasional dan meraih sertifikat Asean University Network-Quality Assurance AUN-QA masing-masing Prodi S1 Biologi FMIPA, Prodi S1 Manajemen FEB, Prodi S1 Teknik Mesin dan S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik. 

Dikatakan, dorongan untuk akreditasi Internasional  khususnya bagi Prodi yang telah meraih minimal dua kali  akreditasi A berturut-turut, dan saat ini banyak Prodi di UNS Solo yang memenuhi kriteria tersebut. Namun, karena pihak AUN-QA membatasi hanya empat prodi dalam satu tahun , untuk penilaian Juni 2019, pihaknya menyiapkan empat Prodi lagi, di antaranya Prodi Pendidikan Luar Biasa PLB, Prodi S1 Ilmu Hukum, dan Prodi S1  Akuntansi untuk akreditasi Internasional.

Diakuinya, biaya untuk akreditasi Internasional cukup mahal, namun hal ini penting bagi lulusan agar diakui secara internasional.

"Luar biasa, itulah salah satu bentuk recognisi internasional kan dari situ. Jadi kalau kita sudah terakreditasai internasional, artinya ada kesetaraan, lulusan kita dari prodi  yang terakreditasi internasional, secara internasional diakui ijazahnya, bisa bekerja di mana pun," jelasnya.

AUN-QA, menurutnya, merupakan jaminan  kualitas pendidikan tinggi di negara-negara ASEAN dan bertanggung jawab untuk mempromosikan jaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi, meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, dan berkolaborasi dengan badan regional dan internasional untuk kepentingan komunitas ASEAN.

Sementara, Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan LPPMP UNS Solo, Prof Muhammad Nizam menjelaskan, dari 174 Program Studi di UNS, 50 persennya telah terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi BAN-PT.

Prodi yang telah mengantongi minimal dua kali akreditasi A, menurutnya, sudah baik dari sisi kualitas dan sudah sesuai dengan standart yang ditetapkan, karena penilaiannya di antaranya meliputi kurikulum, visi misi, Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, SDM, keberadaan alumni, kemahasiswaan, masa tunggu lulusan, serta pengguna lulusan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00