• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Kelezatan Pindang Gombyang, Kuliner Khas Indramayu

2 December
20:32 2018
0 Votes (0)

KBRN,Indramayu; Tepat kiranya Kabupaten Indramayu Jawa Barat yang merupakan daerah pantai utara (pantura), memiliki ciri khas cita rasa sajian kuliner baharinya. Sebab, wilayah ini memiliki sumberdaya kelautan yang potensial dengan hasil tangkapan ikan dari para nelayan.

Salah satu kuliner khas ikan laut dari Indramayu yang sangat terkenal yakni “Pindang Gombyang”.

RRI pada Minggu (2/12/2018) mencoba menelusuri keberadaan makanan satu ini yang hanya bisa ditemui di bumi Wiralodra Indramayu, tepatnya dikawasan wisata Karangsong. Sebab, dari sumber RRI merekomendasikan di lokasi itulah terdapat rumah makan besar yang menyajikan menu pindang gombyang paling enak.

Benar, setelah menemukan rumah makan dimaksud melalui google maps, pramusaji menyambut dengan ramah, dan menawarkan berbagai menu ikan laut, termasuk ikan gombyang.

Hingga akhirnya, menu pindang gombyang panas tersaji dalam mangkuk besar dan kesannya seperti gulai kepala ikan, namun ikannya merupakan ikan laut yang dibelah jadi dua, dengan kuah kuning , terdapat irisan cabai hijau, daun bawang, daun jeruk purut dan irisan tomat segar.

Rasanya, khas lezat, segar, terdapat citarasa bumbu rempah-rempah dan daging ikannya empuk.

Salah seorang warga Cirebon yang menikmati menu makanan khas di rumah makan tersebut, Anik menuturkan, ke Indramayu belum lengkap jika belum menikmati ikan gombyang.

“Jadi hitung-hitung sambil jalan-jalan ke Indramayu di hari libur, kami sekeluarga datang ke restoran di kawasan pantai Karangsong Indramayu yang menyajikan pindang gombyang,” ujar Anik.  

Menurutnya, pindang gombyang Indramayu memang sudah lama terkenal. Rasanya enak dan cocok dimakan ramai-ramai bersama keluarga atau teman.

“Khas banget, gombyang sudah terkenal khas dari Indramayu. Makannya asyik ramai-ramai, karena ini kepala ikan berkuah dengan bumbu khas,” tambah Anik.

Hal serupa juga dirasakan Tri Suharyanto, warga Indramayu kota yang pada hari libur itu beramai-ramai makan bersama teman-temannya menikmati kuliner ikan di rumah makan tersebut.

“Meski di kota Indramayu juga ada yang jual, tapi karena kami ramai-ramai ke lokasi wisata kuliner Karangsong ini, ya tetap pesen Gombyang,” kata Tris sapaan akrabnya.

Ditambahkan pula, pindang gombyang seperti kepala ikan yang diberi kuah kuning dengan bumbu khas, sehingga selain lezat juga cita rasanya khas.

“Ya kayak, ikan bumbu kuning, tapi ini endhas (kepala) ikan manyung ada kuah kuningnya. Pokoknya enak dan seger,” imbuhnya.

Dari keterangan karyawan rumah makan tersebut, Peni, menu ikan gombyang menjadi andalan selain menu-menu ikan lainnya, seperti ikan kanang bakar, cumi goring, udang asam manis.

Disebut gombyang, karena kepala ikan manyung itu dimasak dengan kuah banyak, berwarna kuning dari bumbu rempah dan kunyit.

Jenis ikan yang dimasak gombyang juga khas, yakni ikan Manyung atau juga disebut ikan jambal roti .

Menurutnya, untuk menyajikan menu gombyang di rumah makan itu, dilakukan oleh seorang Koki atau ahli masak berpengalaman, sehingga rasa ikannya sangat khas dan tidak amis.

“Dulu, kepala ikan manyung ini dibuang tidak terpakai, karena hanya yang digunakan hanya badan ikan yang dagingnya tebal dan putih bersih untuk dibuat ikan asin jambal roti. Nah, daripada dibuang percuma, oleh masyarakat dimasak dengan kuah kuning yang dibumbui dan disebut ikan gombyang, karena kuahnya banyak dan jika dibawa dalam mangkuk besar gombyang-gombyang atau kuahnya bergerak  goyang-goyang,” jelas Peni ketika ditanya RRI tentang asal muasal menu ikan gombyang.

Dari pengamatan RRI, rumah makan yang cukup besar dan nyaman tersebut hari hari Minggu ramai dikunjungi masyarakat. Sedikitnya ada sekitar 30 an mobil parkir dihalaman yang luas.

Menu ikan gomyang dipatok dengan harga Rp 40 ribu sampai Rp 50 ribu, tergantung besar kecilnya ikan.

Sedangkan menu lainnya, seperti ikan kanang, kakap, cumi dan udang dengan aneka bumbu dan cita rasa, rata-rata harganya Rp 150 ribu per kilogramnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00