• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Spesial di Hari Guru, Siswa dan Guru di Lhokseumawe Lomba Masak Kuah Plie’k

26 November
10:49 2018
0 Votes (0)

KBRN, Lhokseumawe : Beragam kegiatan diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Kota Lhokseumawe, Senin (26/11/2018).

Rangkaian kegiatan dimulai dari jalan santai yang diikuti ribuan guru dan siswa, lomba menulis puisi bertema guru, senam sehat, sampai melaksanakan upacara HGN di lapangan Hiraq Kota Lhokseumawe. 

Tidak hanya itu, siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Lhokseumawe, merayakan HGN dengan cara yang unik. Mereka mengadakan lomba memasak kuah dan sayur khas tradisional Aceh , yaitu “Kuah Plie’k” di sekolah mereka.

“Lomba memasak ini bertema Culture The Kuwah Plie'k U. Peserta berlomba meracik bumbu hingga memasaknya. Peserta yang memasaknya lezat dan gurih maka akan menjadi juara," ungkap Ketua Panitia HGN ke-73 Kota Lhokseumawe, Muryadi, S.Pd kepada RRI.

Kuah Plie’k U merupakan makanan tradisional sejenis masakan bersantan yang khas dari daerah Aceh. Makanan satu ini sekilas hampir mirip dengan gulai hanya saja isinya berupa sayuran dan kuahnya terbuat dari bahan khusus. Kuah Pliek U merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di daerah Aceh, khususnya di daerah pesisir timur Aceh. Selain dikonsumsi sehari-hari, Kuah Pliek U juga sering disajikan pada acara-acara tertentu dan menjadi salah satu menu special yang digemari oleh warga di sana.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00