• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Banjir Meluas, Ratusan Rumah di Tanah Pasir Terendam

19 November
14:46 2018
0 Votes (0)

KBRN, Lhoksukon : Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Utara semakin meluas, beberapa hari lalu banjir merendam enam kecamatan yaitu Kecamatan Samudera, Syamtalira Aron, Matangkuli, Geureudong Pase, Sawang dan Meurah Mulia, dan  kini, Senin (19/11/2018) banjir rendamkan ratusan rumah disejumlah desa dalam Kecamatan Tanah Pasir Aceh Utara.

Banjir tersebut terjadi, akibat hujan deras menguyur dan meluapnya air Sungai Alue Sunteng kawasan tersebut, sehingga puluhan Kepala Keluarga (KK) terpaksa mengungsi ke daerah lebih tinggi karena air dipermukiman mencapai ketinggian 40-80 centimeter.

Informasi yang dihimpun RRI, selain rumah warga yang tergenang, ratusan hektar tanaman padi yang baru di tanam di sejumlah gampong, diantaranya Gampong Alue, Mee Matang Panyang dan Blang, Ikut terendam air.

Kepala Desa (Geuchik) Gampong Alue M Nasir, menyebutkan air mulai memasuki permukiman  warga sejak tadi subuh sekitar pukul 05.00 WIB, rata rata air di permukiman warga mencapai ketinggian 50-80 centimeter.

“Ada 30 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 200 jiwa yang sudah meninggalkan rumah dan pindah ke posko pengungsian yang dibangun oleh warga, dan di posko tersebut sudah dibuka dapur umum,” terangnya.

Dikatakannya, selain ratusan rumah yang terendam, ratusan tanaman padi yang baru sepekan ditanan warga juga ikut  mati, akibatnya warga merugi jutaan rupiah.

“Terkait masalah ini, sudah kami laporkan ke Muspika setempat, dengan harapan pemerintah malalui dinas terkait bisa membantu benih baru kepada warga,” harapnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00