• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Berita Olahraga

Harumkan Bangsa, Komang Lolak Raih Emas di Belgia

19 November
11:56 2018
0 Votes (0)

KBRN, Singaraja : Karateka cilik I Komang Sastrawan disapa Komang Lolak, kembali mencatat prestasi gemilang dalam Kejuaraan Karate Internasional di Belgia, 18 November 2018.

Karateka Lemkari asal Desa Tajun, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng ini sukses mempersembahkan medali emas bagi Indonesia dari kumite kelas min 45 kg putra.

Komang Lolak berhak atas medali emas, setelah dalam tarung final Kejuaraan Karate Belgia Open, Minggu (18/11/2018), sukses mengalahkan karateka Prancis, Lecerf William, dengan skor 2-0.

Sebelum tarung final, Komang Lolak tampil gemilang sejak babak penyisihan. Pada babak penyisihan, Komang Lolak langsung mengalahkan karateka tuan rumah Belgia dari Academy Karate Leponce, dengan skor sangat meyakinkan 9-0.

Sedangkan di babak semifinal, karateka cilik kelahiran 22 Juni 2006 ini kembali sukses mendepak andalan tuan rumah Belgia lainnya dari Dojo Funakoshi dengan skor telak 5-0.

Medali emas Komang Lolak merupakan satu dari 9 medali yang diperoleh kontingen karate Indonesia pada hari pertama Kejuaraan Karate Belgia Open, Minggu kemarin. Indonesia sudah mengoleksi total 4 medali emas, 3 perak, dan 2 perunggu.

Kontingen Indonesia buat sementara berada di peringkat enam di bawah Belgia, Belanda, Prancis, Luxembourg, dan Jerman.

Ketua Bidang Pertandingan PB Forki, Yoyo Satrio Purnomo, mengatakan karateka Komang Lolak masih berpeluang menambah medali. Sebab, karateka cilik yang tercatat sebagai siswa Kelas VIII di SMPN 3 Kubutambahan, Buleleng ini masih akan turun di nomor kata.

Sementara atas raihan gemilang Komang Lolak, Ketua Umum Lembaga Karate-Do Indonesia (Lemkari) Cabang Buleleng, Nyoman Gede Wandiri Adi mengapresiasi hasil cemerlang siswa Kelas II SMP.

Menurutnya, Lolak sudah terbukti dua kali mengharumkan nama Indonesia di tingkat Internasional. Keberhasilan pertama saat duduk di Kelas VI SD, Lolak juga pernah menyabet dua medali emas dalam kejuaraan dunia di ‘Open Elhatri Karate Tournament’ tahun 2016 lalu.

Komang Lolak sendiri berhak mewakili Indonesia ke Kejuaraan Karate Belgia Open, setelah tampil sebagai juara dalam ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2018 di Jogjakarta. Dia diutus ke Belgia bersama 5 karateka lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00