• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Puting Beliung Porak Porandakan Ratusan Rumah Warga di Situbondo

19 November
08:14 2018
1 Votes (5)

KBRN, Situbondo: Warga Desa Taman Kursi dan Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, membenahi rumah mereka pasca peristiwa puting beliung yang merusak ratusan rumah warga. 

Ahmad Haeri, warga setempat yang rumahnya selamat dari sapuan puting beliung mengaku, sejak kemarin warga bergotong royong memperbaiki rumah yang rusak yang mencapai sekitar 200 rumah.

"Hingga pagi ini masih belum ada petugas dari dinas terkait yang datang kesini untuk membantu warga," katanya saat dikonfirmasi RRI melalui telepon selulernya, Senin (19/11/2018).

Ratusan rumah warga terdampak puting beliung, mayoritas rusak di bagian atap. Memang ada yang rusak berat namun hanya sebagian kecil saja.

"Rata-rata rumah warga yang menggunakan atap asbes tersapu puting beliung," imbuhnya. 

Ia mengemukakan, sebelum peristiwa puting beliung yang terjadi pada Minggu (18/11/2018) sekitar pukul 14.30 WIB, hujan deras disertai angin kencang mengguyur wilayah Sumbermalang dan sekitarnya, sekitar 15 menit. Bahkan, sempat terjadi fenomena hujan es hujan selama 15 menit.

"Hujan es sebesar biji jagung, selama 15 menit, setelah itu langsung puting beliung," terangnya.

Sementara itu, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sotubondo, hingga berita ini diturunkan belum bisa dikonfirmasi. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00