• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Bebek Timbungan Tawarkan 42 Menu 'Langka'

15 November
16:18 2018
4 Votes (5)

KBRN, Kuta : Kemajuan kepariwisataan Bali, merangsang minat pemodal untuk berinvestasi di sektor kuliner. Hal tersebut terlihat dari makin menjamurnya bisnis kuliner di Pulau Dewata. Salah satunya Bebek Timbungan yang menawarkan masakan warisan Bali. 

Vice President Director Secret Garden Village, Ana Dewi Permana menjelaskan, bebek timbungan diambil dari nama salah satu menu peninggalan leluhur yang memiliki cita rasa kerajaan. 

"Jadi bebek timbungan itu berangkat nama menu sebenarnya. Tetapi menu yang bebek timbungan ini adalah salah satu menu kuno, jadi menu warisan khusus Bali, dan dulunya itu zaman diawalnya, ini jadi ada literatur kunonya itu juga ada namanya manuskrip dharma caruban. Nah disana disebutkan bahwa bebek timbungan ini adalah salah satu hidangan terkuno yang dihidangkan di upacara-upacara khusus pada zamannya, dan hanya bisa dinikmati oleh keluarga kerajaan," ungkapnya disela-sela soft opening Bebek Timbungan, di Pertokoan Sunset One, Jalan Sunset Road Dewa Ruci, Kuta, Kamis (15/11/2018). 

Selain bebek timbungan, pihaknya juga menyuguhkan 42 menu makanan dan minuman khas Bali yang jarang ditemui masyarakat. Bahkan untuk menjaga orisinalitas cita rasa, pihaknya dikatakan tetap mengutamakan keotentikan resep dari seluruh menu tersebut. 

"Sesuai judulnya balinese heritage cuisine, yang kita angkat disini adalah menu-menu warisan yang belum komersil. Kalau menu-menu komersil Bali kan seperti bebek betutu, babi guling dan lain sebagainya kan sudah banyak orang tahu. Justru menu-menu yang ditampilkan disini nanti, kita ada 42 jenis menu makanan dan minuman itu yang tidak terlalu populer, dan yang hampir punah. Jadi yang kita jaga itu," katanya. 

"Jadi kita mau mengangkat kembali dan memperkenalkan. Tidak menutup kemungkinan kedepannya jumlah menunya bertambah. Karena kita selalu disini dari cara masak, dari resepnya itu seotenti mungkin. Jadi kita tidak mau dengar namanya menu A, terus kita buat ala-ala kita. Karena itu kita namanya tidak menghargai warisan ya," imbuhnya. 

Ana Dewi Permana memastikan bebek timbungan memiliki perbedaan dengan makanan serupa semisal bebek betutu. Bebek timbungan dikatakan mempunyai keunggulan rasa, karena proses memasaknya yang dilakukan didalam bambu. 

"Jadi cita rasa yang dihasilkan sama seperti kita mau manggang sate, di teflon, sama di arang, arangnya pakai batok kelapa, arang ini kan beda-beda, begitu cita rasa khususnya disana," sebutnya. 

Selain bebek timbungan, beberapa menu 'langka' unggulan diantaranya nasi yasa, ikan Bali lawas genit, dan kepiting terasi limau. Dari sisi harga, Ana membeberkan rentangnya mulai dari Rp15 ribu sampai Rp100 ribu. 

"Karena dengan harga yang terjangkau, lokasi yang strategis, dan menu yang unik ini, kami yakin mampu menyasar semua kalangan masyarakat, terutama dari kawula muda termasuk wisatawan domestik," pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00