• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Samsat Online Nasional, Kakorlantas: Tidak Sampai Dua Menit

15 November
12:46 2018
1 Votes (5)

KBRN, Kuta : Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar rapat koordinasi (rakor) samsat nasional, di Kuta, Kamis (15/11/2018). Disela-sela rakor tersebut juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kejasama (PKS) samsat online nasional tahun 2018.

Hadir Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi, Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Rahardjo, pimpinan perbankan, dan Direktur Lalu Lintas dari Polda se-Indonesia.

Kakorlantas, Inspektur Jenderal (Irjen) Pol. Refdi Andri menjelaskan, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)  dan PKS ini tindak lanjut program sebelumnya. Diharapkan dengan langkah tersebut dapat menyempurnakan implementasi samsat online diseluruh penjuru tanah air.

"Tadi sama-sama kita sudah mendengar bagaimana sambutan Bapak Kapolri, bahwa program ini akan kita tingkatkan menjadi yang lebih baik lagi, menjadi lebih sempurna lagi, akhirnya pada seluruh Indonesia nanti betul-betul samsat online ini bisa dirasakan oleh semua masyarakat, utamanya adalah pemilik kendaraan dan wajib pajak seluruh Indonesia," katanya.

Jenderal bintang dua itu menyebut samsat online ini tidak hanya diluncurkan di kota besar. Menurutnya Polri bersama seluruh pihak terkait ingin menghadirkan pelayanan samsat dalam jaringan (daring) hingga ke pelosok desa.

"Kemudahan e-samsat ini paling dirasakan oleh masyarakat dengan bisa melakukan transaksi dimana saja, utamanya pada bank-bank yang sudah kita tunjuk. Tidak perlu lagi antre-antre di kantor samsat, cukup pada bank-bank yang sudah ditentukan itu. Kemudian disitulah waktunya juga sangat efisien," ujarnya.

Refdi Andri menjabarkan, pasca peluncuran samsat online secara nasional, masyarakat hanya memerlukan waktu dua menit untuk bertransaksi. Namun pelayanan singkat itu baru didapatkan, ketika wajib pajak telah membayar di bank yang ditentukan.

"Tadi sudah kita saksikan tidak sampai dua menit melakukan transaksi, untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB), sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas, dan pengesahan STNK, itu nanti online, pusat datanya ada di Korlantas Polri," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00