• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Sebelum Jerman, Wayang Orang “Kresna Duta” Tampil di Jakarta

14 November
15:37 2018
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerjasama dengan Yayasan Paramarta Karya Budaya, akan melaksanakan pagelaran wayang orang di Gedung Kesenian Jakarta, pada Jumat 16 November 2018.

Pagelaran kali ini mengambil lakon Kresna Duta, yang akan dibawakan dalam bahasa Jawa dan dilengkapi dengan narasi berbahasa Jerman, dengan durasi pertunjukan selama 90 menit.

“Kresna Duta, secara harfiah bermakna seorang bernama Kresna yang ditugaskan menjadi utusan, alias duta bagi Pandawa untuk menghadap Kurawa,” ujar Kasubdit Diplomasi Budaya Luar Negeri, Wawan Yogaswara, di gedung Kemdikbud, Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Dibawakan oleh gabungan pemain wayang orang Jakarta dan Solo, lakon ini akan melibatkan 40 orang pemain.

“Selain itu, seorang kurator Jerman yang sudah berpengalaman dalam seni pertunjukan/teater berskala internasional, serta seorang narator lakon yang juga seorang seniman berdarah Indonesia berdomisili di Jerman, didatangkan dari Jerman ke Indonesia,” katanya.

Sementara, Teguh "Kenthus" Ampiranto selaku sutradara menjelaskan, pagelaran ini tetap dengan teater klasiknya wayang orang.

“Iringannya gamelan, bahasa pengantarnya tetap bahasa Jawa, tapi nanti ada narator dengan bahasa Jerman. Namun hal itu tidak mengurangi keindahan tarinya, tidak juga mengurangi estetika ceritanya,” ungkapnya.

Kenthus optimis pementasan ini akan menjadi tontonan yang menarik, dan memberikan pengalaman berkesan bagi penonton.

“Tapi secara alur tetap pagelaran wayang orang yang klasik. Secara kostum juga klasik, nanti ada penambahan lighting dan sound supaya penonton melihat keindahan kostumnya dan mendengar keindahan tembang-tembang Jawa di cerita Kresna Duta ini,” tuturnya.

Pagelaran ini merupakan rangkaian kegiatan pementasan wayang orang yang akan dilaksanakan di Jerman pada Mei 2019. Pagelaran ini juga didukung oleh Ikatan Ahli dan Sarjana Indonesia Jerman, serta Diaspora Indonesia dan Bremen. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

   

Tangani Kasus Korupsi di Malang Raya, KPK Telah Terbitkan 20 Sprindik

00:00:00 / 00:00:00