• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Barkod Jokowi Sasar Pengusaha dan Millenial Untuk Memilih Jokowi - Ma'ruf

10 November
02:14 2018
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Dukungan untuk Pasangan Capres - Cawapres nomor urut 01, Jokowi - KH. Ma'ruf Amin kembali bertambah. Dari Jawa Timur, sejumlah pengusaha dan muda mudi ingin Jokowi satu kali lagi. 

Pendukung kali ini dengan nama Barisan Komunitas Pendukung Jokowi - Barkod Jokowi. Rupanya, mereka sebelumnya adalah para relawan pendukung Khofifah Indar Parawansah pada Pilgub Jatim 2018.

Ketua Umum Barkod Jokowi, KH Zahrul Azhar Asad mengakui, Barkod Jokowi merupakan rangkuman dari 80 relawan yang sebelumnya mendukung Khofifah Indar Parawansah di Pilgub Jatim.

Sebelumnya, lahir juga dukungan dari Jatim, Jaringan Kyai Santri Nasional (JKSN). Ditegaskan Gus Hans, sapaan akrabnya, Barkod Jokowi, memiliki lahan garap yang berbeda dengan JKSN.

"JKSN pendekatannya kultural religius. Sementara di Barkod lebih ke arah dunia professional," jelasnya, Jumat (9/11/2018).

Target JKSN dan Barkod Jokowi juga berbeda, Gus Hans menambahkan, jika JKSN mengajak Kyai dan Santri, maka Barkod Jokowi menyasar para pemilih milenial, para pengusaha, serta karyawan. 

"Barkod ini akan fokus pada pemilih millenial dan akan menyapu swing vooters," ungkapnya.

Sementara itu, Dewan Kehormatan Barkod Jokowi, Khofifah Indar Parawansa, mengapresiasi dukungan para relawan ini, karena menjadi energi baru untuk memenangkan Jokowi di Pipres 2019.

"Bagi saya ini adalah energi baru, yang akan menjadi bagian pemenangan yang jauh signifikan dari pemenangan pilgub yang lalu. Mudah-mudahan ini menjadi semangat bagi relawan yang lain," ujar Khofifah.

Menurutnya dukungan relawan bukan hanya dari 'pasukan' Khofifah, namun juga dari relawan yang dimiliki Kepala Daerah yang memenangkan Pilkada Serentak beberapa waktu lalu. 

"Relawan itu juga rasanya akan berseiring dengan irisan afiliasi pada saat Pilpres yang akan datang," ungkapnya.

Gubernur Jawa Timur terpilih itu menambahkan, sinergi ini akan mempermudah kordinasi untuk pemenangan di Pilpres 2019. Selain itu program yang disiapkan juga sudah sistemik. 

"Kalau mereka bersinergi dalam sebuah kelembagaan seperti ini akan lebih mudah koordinasinya," ujarnya.

Saat ditanya apakah Barkod dengan Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) juga akan berkorelasi, Khofifah mengiyakan.

"Kita melihat banyak elemen di negeri ini yang punya minat dan komitmen yang sama, bisa membangun konsolidasi energi relawan dalam Pilpres yang akan datang," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00