• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Kemendikbud Akan Gelar Kongres Kebudayaan Indonesia 2018

9 November
21:38 2018
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah menyelenggarakan acara pra Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) 2018 pada awal November 2018.

Kegiatan yang melibatkan sebanyak 333 ahli dan pelaku budaya yang terbagi dalam 11 forum bidang budaya itu, diadakan untuk mengakomodasi ruang sektoral terkait ekosistem kebudayaan.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemdikbud, Hilmar Farid, menyatakan bahwa tujuan besar dari KKI 2018 adalah dirumuskannya Strategi Kebudayaan yang kongkrit.

“Karena basis data-data yang dihimpun berasal dari seluruh provinsi di Indonesia, aspirasi dari daerah-daerah diberi ruang untuk menjadi penyusun strategi kebudayaan,” ujar Hilmar, dalam acara peluncuran Kongres Kebudayaan Indonesia 2018, di gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (9/11/2018).

Menurutnya, setelah memiliki data dari seluruh provinsi melalui tahapan pra Kongres Kebudayaan Indonesia, dan melalui penyelenggaraan penyusunan rekomendasi stakeholder kebudayaan untuk strategi nasional, pihaknya juga memiliki info sektoral.

“Semoga ada saling silang. Dan diharapkan ada peta sebagai landasan yang solid dalam memajukan kebudayaan di Indonesia,” ungkap Hilmar.

Ia juga menjelaskan, rekomendasi dari seluruh tahapan itu, akan dirumuskan sebagai Strategi Kebudayaan yang akan dilaksanakan dalam Kongres Kebudayaan Indonesia 2018, pada 7-9 Desember 2018 di Jakarta.

“Tahap berikutnya adalah Strategi Kebudayaan setelah ditetapkan dalam Peraturan Presiden, akan menjadi rujukan utama dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang,” tutur Hilmar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00