• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Berita Olahraga

Clint Hendricks Juara Etape 6 Tour de Singkarak 2018

9 November
21:25 2018
0 Votes (0)

KBRN, Payakumbuh : Pada etape 6 balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2018 ini, Clint Hendricks dari Tim Bike Aid Germany berhasil menjadi pebalap tercepat, setelah finish pertama dengan catatan waktu 2 jam 32 menit 42 detik.

Dia memenangi Etape 6 yang menempuh perjalanan sejauh 105 km dari Lapangan Merdeka Kota Solok dan finis di Ngalau Indah Kota Payakumbuh, Sumatra Barat, Jumat (9/11/2018), dengan catatan waktu 2 jam 33 menit 42 detik.

Sepanjang balapan Clint Hendricks mendapat perlawanan ketat dari Edgar Nieto dari tim Ningxia Sport Lotterry Livall Cycling, dan Bolor Erdene Enkhtaivan dari Ningxia Sport Lotterry Livall Cycling Team, yang berhasil finish di posisi kedua dan ketiga. 

Ketiga pebalap mencatatkan waktu yang sama. Hanya saja, berdasarkan sensor dari alat timing system operator, roda sepeda Hendrick Clint terlebih dahulu menyentuh garis finish.

Timing system operator merupakan alat yang digunakan di Tour de Singkarak, yang difungsikan untuk merekam dan membaca kecepatan masing-masing pembalap. Alat ini terkoneksi dengan alat transponder yang dipasang di sepeda pembalap.

Meski Clint Hendricks berhasil finish di urutan pertama, Yellow Jersey atau kaos kuning tanda pimpinan lomba masih dipegang pembalap asal Australia, Jesse Ewart (Sapura Cycling Team Malaysia), ddengan catatan waktu keseluruhan 22 jam 29 menit 49 detik.

Kaos kuning sebagai pebalap dengan catatan waktu tercepat di seluruh etape, tidak lepas dari Jesse Ewart sejak etape 3 berakhir. Hingga etape 6 penampilannya cukup baik, dan pesaing terdekatnya dalam perebutan juara umum datang dari pebalap dari Thailand Continental Cycling Team Ariya Phounsavath, yang hanya terpaut dua detik.

Sementara itu pebalap dari Ningxia Sports Lottery - Livall Cycling team Oleksandr Polivoda menjadi sprinter terbaik hari ini. Pebalap ini memperoleh total poin terbanyak 36, dan berhak mengenakan Green Jersey atau kaos hijau pada balapan etape 7, pada Sabtu 10 November 2018 besok.

Untuk kategori Raja Tanjakan atau Polkadot Jersey diraih Jonel Carcueva dari Team Go For Gold dengan 28 poin.

Sedangkan pebalap Indonesia tercepat pada etape 6 ini adalah Jamal Hibatullah dari PGN Road Cycling Team yang finis pada urutan kelima dengan waktu 2 jam 35 menit 37 detik. Namun catatan waktunya belum mampu melewati koleksi Muhammad Abdurrohman.

Hingga etape 6 Muhammad Abdurrohman masih menjadi pebalap Indonesia terbaik, dengan total waktu kesleuruhan 22 jam 30 menit 54 detik. Kaos merah putih masih menjadi miliknya walaupun pada balapan hari ini tidak mampu finish di urutan 10 besar.

Wali Kota Payakumbuh Rizal Palepi mengaku bangga, melihat antusiasnya masyarakat dengan adanya iven balap sepeda internasional Tour de Singkarak ini, mereka sangat menantikan para pebalap finish di objek wisata Ngalau Indah.

"Pemerintah Kota Payakumbuh sangat menginginkan Grand Opening digelar disini, namun terkendala dengan kerbatasan hotel dan penginapan, kedepan ini akan menjadi perhatian khusus, sehingga dapat menjadi lokasi etape pertama,” ulasnya.

Sepanjang perjalanan pada etape 6 ini yang menempuh rute 105 Kilometer, pebalap disuguhi pemandangan alam yang indah. Dermaga Singkarak daerah Tanah Datar kembali dilalui oleh 86 pebalap yang tersisa.

Pebalap selanjutnya akan mengikuti etape 7 pada Sabtu 10 November 2018 besok, dari Kota Padang Panjang menju Kabupaten Solok Selatan, dengan rute sepanjang 194,4 Kilometer.

Starr dari depan Kantor BRI Padang Panjang - Simpang Delapan - RSUD Padang Panjang - Simpang Jao - Simpang Kubu Karambie - Dermaga Singkarak - Tanah Garam - Simpang Rumbio - Muaro Paneh - Bukik Sileh - Arahan Panjang - Muaro Labuah - Finish Kantor Bupati Solokm Selatan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00