• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Operasi Zebra Berdampak Pada Kesadaran Membayar Pajak

9 November
21:11 2018
0 Votes (0)

KBRN, Palangkaraya : Polda Kalimantan Tengah menyebut, gelaran Operasi Zebra yang digalakkan polisi, sedikit membawa dampak bagi kesadaran membayar pajak atau memperpanjang SIM.

Kecenderungan masyarakat jika melihat aktivitas polisi yang lebih melalui Operasi Lalu lintas , membawa efek lebih sadar dan tertib untuk melengkapi adminsitasi.

Kepada RRI, Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng, Kombes Pol Aries Syahbudin, Jumat (09/11/2018) mengatakan, sebenarnya masalah SIM lebih berkaitan dengan pengakuan pemerintah terhadap kemampuan berkendara warganya.

Dalam Operasi Zebra sebenarnya tidak mengarahkan khusus tentang pelanggaran administratif namun lebih kepada tujuh prioritas seperti berkendara sambil menggunakan HP, tidak memakai Helm dan sebagainya.

Tapi pada saat Operasi Zebra digelar, pada saat sejumlah pengendara melanggar salah satu tujuh prioritas itu kemudian diperiksa diketahui tidak memiliki SIM atau tidak membawa STNK sehingga terjadi akumulasi pelanggaran.

Sementara terkait apakah Operasi Zebra membawa dampak bagi kesadaraan warga membayar pajak kendaraan dan SIM, Kombespol Aries mengatakan terdapat sedikit dampak namun tidak signifikan.

Walau tidak menjadi target Operasi Zebra, kecenderungan masyarakat melihat adanya aktivitas yang lebih dari polisi membuat lebih waspada terhadp pelanggaran dan ketertiban.

“Sehingga disadari atau tidak masyarakat kemudian secara proaktif mendatangi Kantor SAMSAT untuk membayar pajak atau SIM," terangnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00