• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Feature

UAS, Sosok Penceramah Kondang yang Sejak Dulu Selalu Tampil Sederhana

9 November
18:51 2018
0 Votes (0)

KBRN,Takengon : Ustad Abdul Somad (UAS) yang memberikan tausyiah kepada ribuan masyarakat di Kabupaten Aceh Tengah sejak dulu merupakan sosok sederhana yang memiliki sisi humoris dan memiliki rasa kecintaan terhadap seni cukup tinggi.

Demikian dikatakan Irwansyah salah seorang putra daerah Gayo yang pernah bersama-sama dengan ustad kelahiran Asahan, Sumatera Utara tersebut menuntut ilmu di perguruan tinggi di Maroko sekitar tahun 2000-an lalu.

Disebutkan, dalam kesehariannya saat berada di salah satu negara timur tengah itu UAS merupakan pribadi yang giat belajar tentang berbagai hal termasuk ilmu agama, bahkan terkadang hingga larut malam.

“Orangnya sederhana, cukup sederhana sekali, dia tidak pernah menunjukan kelebihan yang dimiliki, kalau menghafal kitab-kitab atau yang lainnya seperti hadits-hadits, biasanya temannya sudah tidur dia masih belajar,” katanya, Jum’at (09/11/2018).

Irwansyah yang kini aktif mengabdi sebagai dosen di STAIN Gajah Putih Takengon ini menjelaskan, sejak dulu UAS memanggilnya dengan nama Didong karena sering melantunkan syair-syair Didong yang merupakan seni masyarakat Gayo.

Komunikasi dirinya sendiri sempat terputus setelah menamatkan study dari timur tengah, namun kembali dipertemukan setelah UAS beberapa kali hadir mengisi tausyiah di sejumlah kabupaten di wilayah tengah Aceh.

“Pas ketemu lagi pertama kali saat dia ke Bener Meriah, dirinya sempat terkejut kalau adiknya yang selama ini dipanggilnya bukan dengan sebutan Irwansyah, bukan Wen, tapi Didong ternyata berdomisili disini,” sebutnya.

Sementara itu UAS menilai Dataran Tinggi tanoh Gayo sebagai daerah yang memiliki alam sangat indah dan kopinya yang nikmat, sehingga berencana akan kembali melakukan kunjungan pada lain waktu.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00