• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Presiden Joko Widodo Resmikan Jalan Tol Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang

9 November
17:36 2018
1 Votes (5)

KBRN, Slawi : Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan ruas Tol Pejagan-Pemalang di gerbang Tol Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jumat ( 9/11/2018 ) siang. 

"Saya resmikan Jalan Tol Pejagan-Pemalang segmen Brebes Timur- Sewaka dan Jalan Tol Pemalang-Batang segmen Sewaka Simpang Susun Pemalang," ujar Presiden. 

Ruas tol yang diresmikan tersebut memiliki empat seksi. Seksi 1 Pejagan-Brebes sepanjang 14,2 Kilometer dan Seksi 2 Brebes Barat-Brebes Timur sepanjang 6 Kilometer. Dua seksi tersebut sudah beroperasi sejak 2016 lalu. Kemudian ada Seksi 3 Brebes Timur-Tegal Timur sepanjang 10,4 Kilometer dan Seksi 4 Tegal Timur-Tegal-Pemalang sepanjang 26,9 Kilometer.

Bentangan ruas Tol Pejagan-Pemalang sendiri sepanjang 42 Kilometer. Dengan diresmikannya tol tersebut, sepanjang 640 Kilometer yang sudah beroperasi.

"Jalan Tol dari Merak sampai Banyuwangi nanti pertengahan Desember. Kemudian yang Probolinggo akhir tahun sambung," ujar Jokowi.

Ia menargetkan pada akhir Desember jalan tol dari Barat sampai Timur Pulau Jawa akan tersambung. Tinggal menyambung akses darat di daerah lainnya.

"Insya Allah dari ujung Barat hingga ujung Timur selesai. Nantinya konsentrasi ke (pulau) Sumatera dan Kalimantan sama yang lain," jelasnya.

Lebih lanjut, Presiden berharap, dengan resminya tol akan muncul simpul-simpul ekonomi daerah yang baru. Ia yakin hal tersebut akan terbangun lantaran akses-akses untuk pengiriman distribusi barang sudah lancar.

Di tempat yang sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan, rentang waktu November-Desember 2018 ini sedang mengejar pekerjaan jalan tol dari Merak-Surabaya.

"November dan Desember tahun ini (ada peresmian) yaitu di Sragen-Ngawi Minggu kedua November, Pemalang-Batang 33 Kilometer kira-kira 2 Desember. Semua Minggu kedua Desember harus sudah beroperasi. Kemudian Salatiga-Solo 32 Kilometer dan Wilangan-Kertosono 39 Kilometer," bebernya. Saat ini jalan tol dari Merak-Surabaya yang akan dioperasikan menyisakan sepanjang 230 Kilometer. Meski begitu, untuk masuk ke jalan tol yang sudah diresmikan tersebut masih gratis bagi hingga akhir 2018. Biaya masuk tol baru dikenakan pada Januari 2019 mendatang.

"Seluruh Progres (pengerjaan) sudah 90 persen. Jadi Minggu kedua (bisa) Desember tersambung Merak-Surabaya sejauh 870 Kilometer," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00