• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Program PIS PK di Talaud Terus Digalakkan

9 November
15:44 2018
0 Votes (0)

KBRN, Talaud : Dalam upaya meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan kesehatan, puskesmas yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud saat ini intensif menerapkan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK) yang didahului dengan pendataan. Program ini juga diketahui merupakan program pemerintah pusat atau nasional yang diaplikasikan ke daerah.

Hal ini diungkapkan Plt Kepala Dinas Kesehatan Talaud dr Jurry Ektavianus Jawali, M.Kes kepada RRI di ruang kerjanya, Jumat (9/11/2018).

"PIS PK merupakan program nasional terbaru yang kita aplikasikan di Talaud. Di tingkat Provinsi Sulut kita sudah diakui karena sistem pendekatan keluarga telah kita  jalankan di semua puskesmas. Jadi sistemnya, petugas di Puskesmas turun ke keluarganya masing-masing dan mendata kondisi anggota kelaurganya seperti apa. Ada 12 indikator pertanyaan yang harus mereka tanyakan, dilanjutkan dengan membuat family folder," jelas Plt Kadin kes. 

Tidak hanya pendataan anggota keluarga masing-masing, untuk ke depannya semua puskesmas diinstruksikan melakukan pendataan kondisi kesehatan setiap keluarga  yang ada di wilayahnya.

"Saat ini baru pendataan keluarga saja. Tetapi ke depan, kita instruksikan petugas puskesmas mengetahui anggota kesehatan warga di wilayah pelayanannya. Terlebih Kepala Puskesmas, mereka harus tahu kondisi kesehatan warga. Jumlah masyarakatnya berapa dan bagaimana kondisi kesehatannya," tambah Jawali. 

Lanjut kata Jawali, jika pun setelah  pendataan dengan system tersebut  ditemukan ada kondisi kesehatan anggota keluarga yang perlu di intervensi. Maka,petugas program ini akan turun langsung untuk melakukan intervensi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00