• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Imunisasi MR di Baubau Belum Capai Target Nasional

9 November
15:17 2018
0 Votes (0)

KBRN, Baubau : Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau Sulawesi belum dapat mencapai target Nasional 95 persen anak usia 9 bulan hingga 15 tahun terimunisasi Measles Rubella (MR).

Selama tiga bulan melaksanakan imunisasi campak Rubella, Dinkes hanya dapat mengimunisasi  82 persen anak, padahal imunisasi ini telah berjalan selama dua fase mulai Agustus-September dan Oktober.

“Jumlah anak tervaksin hingga pekan ini sudah mencapai 82 persen atau sekitar 40 ribu lebih anak terimunisasi karena masih banyak orang yang belum mengerti sepenuhnya tentang vaksin ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau Edy Nasir, Kamis (8/11/2018).

Sesuai target awal imunisasi ini adalah minimal 95 persen dari 49.353 anak usia 15 tahun kebawah  di Baubau bebas dari Virus Rubella dengan cara diberi suntikan vaksin MR, namun  masih ada saja  beberapa masyarakat yang menolak anaknya diimunisasi.

Meski fase dua telah usai akhir Oktober lalu, namun petugas kesehatan puskesmas masih tetap melanjutkan pemberian vaksin hingga akhir tahun untuk mencapai target 100 persen. Sebab untuk bebas dari penyakit yang dapat menyebabkan cacat permanen pada anak itu minimal 95 persen anak telah disuntik Vaksin Rubella.

Pihak puskesmas juga terus memberikan sosialisasi, edukasi  kepada masyarakat serta melakukan pendekatan secara emosional agar tidak ada lagi penolakan terhadap vaksin ini.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00