• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Tarif Predator Resahkan Mitra Pengemudi On Line

9 November
14:47 2018
0 Votes (0)

KBRN, Malang : Kelompok mitra pengemudi ojek daring menuding perusahaan penyedia aplikasi (aplikator) banyak menerapkan sistem Predatory Pricing atau tarif predator. Hal ini dianggap sebagai pemicu persaingan tidak sehat antara ojek online dan ojek konvensional.

"Kami melihat tarif terlalu rendah dan promo terlalu banyak dari aplikator. Ini tindakan yang bisa mematikan angkutan alternatif lain," kata Presidium Gerakan Aksi Roda Dua (GARDA) Igun Wicaksana, Jumat (09/11/2018)

Igun memberikan contoh, salah satu promo yang paling fantastis adalah penerapan ongkos Rp 1 yang dilakukan oleh Grab. Oleh karena itu, dia menilai penerapan harga terlalu rendah dari salah satu aplikator, dalam hal ini Grab, membuat iklim bisnis menjadi tidak sehat. Pengenaan ongkos terlalu murah, menurut dia, akan memicu perang tarif, yang akhirnya lebih banyak merugikan mitra pengemudi.

"Perang tarif bisa membuat tarif terus menukik lebih tajam. Akhirnya yang dikorbankan adalah pengemudi, karena dipaksa kerja lebih ekstra, " ujarnya.

Selama ini, Igun melanjutkan, mitra pengemudi Grab Bike terpaksa harus menempuh kilometer lebih jauh dan jam kerja lebih lama untuk mendapatkan penghasilan harian yang memadai. Akibatnya, berdampak pada penurunan kualitas pelayanan, keselamatan dan keamanan para mitra pengemudi.

"Faktor ini mengakibatkan tingginya kemungkinan kecelakaan karena kelelahan dan akhirnya juga berdampak pada konsumen, " paparnya. 

Seperti diketahui, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) sebelumnya memuji ancaman pemerintah yang akan membekukan izin operator jasa angkutan daring berbasis aplikasi jika tak mampu menjamin keamanan dan keselamatan penggunanya.

"Dari perspektif YLKI, perlindungan, keselamatan, dan kenyamanan konsumen transportasi online itu bukan hanya tanggung jawab mitra driver tapi juga perusahaan aplikator, " ungkap Sekretaris YLKI, Agus Suyanto.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00